Imbas Penurunan Bitcoin, Kapitalisasi Pasar Kripto Anjlok Hingga Merugi 50 Miliar Dolar AS

Amblesnya harga Bitcoin yang terjadi selama beberapa hari terakhir, tak hanya membuat Ethereum dan altcoin lainnya bearish.

Shutterstock
Ilustrasi Kripto Bitcoin.Amblesnya harga Bitcoin yang terjadi selama beberapa hari terakhir, tak hanya membuat Ethereum dan altcoin lainnya bearish. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Amblesnya harga Bitcoin yang terjadi selama beberapa hari terakhir, tak hanya membuat Ethereum dan altcoin lainnya bearish.

Namun juga telah membuat kapitalisasi pasar kripto anjlok hingga merugi sekitar 50 miliar dolar AS per hari.

Sebelum mengalami penurunan harga Bitcoin yang diperdagangkan pada Rabu (20/7/2022) lalu, sempat berhasil menyentuh level tertinggi dimana BTC melonjak di atas 24.000 dolar AS, namun tak lama dari kenaikan ini harga Bitcoin perlahan mulai mengalami penurunan.

Baca juga: Investor saat Ini Dinilai Lebih Bijak dan Selektif Memilih Aset Kripto

Imbas dari aksi jual massal Bitcoin yang dilakukan perusahaan supercar milik Elon Musk, Tesla Inc.

Aksi jual ini lantas memicu penurunan harga Bitcoin, bahkan dalam sehari BTC bisa merugi lebih dari 2.000 dolar AS.

Penurunan ini lantas membuat nilai Bitcoin dalam grafik valuasi harga koin kripto MVRV Z-Score ambles sebanyak 3,11 persen menjadi 21.163 dolar AS, pada Selasa pagi (26/7/2022).

Tak hanya BTC saja yang mengalami penurunan harga, dalam perdagangan Coinmarketcap sejumlah koin kripto lainnya juga turut terkerek jatuh.

Seperti Ethereum yang ikut mengalami keruntuhan harga sebanyak 5,36 persen menjadi 1.432 dolar AS, turun drastis apabila dibandingkan dengan harga di pekan lalu, disaat ETH dipatok 1.600 dolar AS.

Penurunan serupa juga terjadi pada Solana dan Polygon, dimana dua altcoin ini telah kehilangan persentase harian imbas runtuhnya perdagangan Bitcoin.

Tercatat harga SOL anjlok di level 36,26 dolar AS, sedangkan MATIC Polygon ambles di harga 0.77 dolar AS.

Runtuhnya harga Bitcoin dan sejumlah altcoin inilah yang membuat kapitalisasi pasar kripto pada pekan ini ambles dan merugi hingga 50 miliar dolar AS dalam sehari.

Menurut analis di situs CryptoPotato, penurunan harga BTC diperkirakan akan terus berlanjut selama beberapa hari kedepan mengingat saat ini ekonomi global tengah mengalami situasi panas.

Untuk itu investor diingatkan untuk tetap waspada akan fluktuasi pasar kripto yang selalu berubah.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved