Susul Delapan Bursa Kripto dan NFT Lain, Bybit PHK 30 Persen Karyawan, Ini Rinciannya

Bursa kripto Bybit melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK ) terhadap 30 persen karyawan.

Crypto News
Perusahaan pertukaran koin kripto berbasis di Singapura, Bybit, dilaporkan tengah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK ) terhadap 30 persen karyawan, Minggu (4/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA – Perusahaan pertukaran koin kripto berbasis di Singapura, Bybit, dilaporkan tengah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK ) terhadap 30 persen karyawan, Minggu (4/12/2022).

Aksi PHK ini dilakukan Bybit menyusul langkah sederet bursa kripto global sebagai imbas dari terjadinya bear market atau penurunan nilai kripto secara besar – besaran.

Anjloknya kapitalisasi pasar mata uang kripto yang mencapai 2 triliun dolar AS selama 2022, belakangan telah mendorong sejumlah perusahaan investasi dan bursa jual beli cryptocurrency mengalami kemunduran pendapatan hingga terancam masuk ke dalam jurang kebangkrutan .

Melemahnya nilai mata uang kripto mulai terjadi setelah bank sentral AS The Fed secara agresif menaikan suku bunga acuan untuk mengekang inflasi Amerika yang telah melonjak, akibat kenaikan harga pangan dan energi pasar global.

Sayangnya, sikap hawkish The Fed telah memicu kenaikan nilai pada mata uang dolar dan mendorong jatuh mendorong jatuh sejumlah aset berisiko termasuk kripto.

Alasan ini yang kemudian membuat para investor kripto kompak meninggalkan bursa kripto termasuk Bybit.

Demi mencegah terjadinya pembengkakan pengeluaran pendiri sekaligus CEO Bybit Ben Zhou secara mengejutkan mengumumkan perampingan karyawan.

Baca juga: Jasa Pesan Antar Makanan AS DoorDash PHK 1.250 Karyawan

Sambil meminta maaf Zhou menjelaskan bahwa PHK ini terpaksa dilakukan perusahaan untuk bertahan dari badai bear market dan ketidakpastian pasar global.

“Penting untuk memastikan Bybit memiliki struktur dan sumber daya yang tepat untuk menavigasi perlambatan pasar dan cukup gesit untuk memanfaatkan banyak peluang di depan.” jelas Zhou dilansir dari Bloomberg

Baca juga: Perusahaaan Furnitur Ini PHK 2.700 Karyawan Lewat Pengumuman Via SMS

Meski perusahaan tengah mengalami perlambatan pendapatan, namun Bybit menegaskan bahwa saat ini keuangannya masih di zona aman.

Menurut CoinGecko, Bybit memiliki volume perdagangan harian sebesar 239 juta dolar AS dan menawarkan 265 koin kripto serta cadangan keuangan mencapai 1,88 miliar dolar AS.

Baca juga: CEO Uber Janji Tak Akan Pangkas Karyawan Meski Badai PHK Hantam Industri Teknologi

Aksi PHK Bybit menambah daftar panjang pemutusan hubungan kerja yang menghantam bursa perdagangan kripto global, mengingat sebelumnya sejumlah layanan jual beli kripto kondang juga telah melakukan aksi pemecatan imbas terdampak badai bear market, diantaranya seperti

1. Blockchain.com

Halaman
1234
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved