Jadi Pelumas dan Pendingin, Pentingnya Rutin Ganti Oli Motor

Bicara soal bagian dalam motor, oli merupakan bagian yang tak kalah penting yang tidak boleh dilupakan

Jadi Pelumas dan Pendingin, Pentingnya Rutin Ganti Oli Motor

TRIBUNNEWS.COM – Bicara soal bagian dalam motor, oli merupakan bagian yang tak kalah penting yang tidak boleh dilupakan. Cairan pelumas ini punya peran penting untuk menunjang kelancaran mesin dan komponen-komponennya.

Itu dia peran penting oli. Ketika komponen-komponen dalam motor bekerja, oli mengurangi gesekan yang terjadi antar komponen dan mengurangi keausan mesin motor. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai komponen pendingin mesin dan menghilangkan karat pada mesin.

Meski peran oli sepenting itu, kadang pemilik motor masih sering lupa untuk mengganti oli mesin sesuai dengan petunjuk yang ada di buku manual. Di buku manual biasanya tertulis dengan jelas batas kilometer penggantian oli mesin, yaitu 1.500 kilometer hingga 4.000 kilometer.

Sebenarnya masih banyak fungsi oli, semuanya membuat oli jadi bagian penting dalam menjaga performa dan kondisi mesin. Makanya, penggantian oli secara rutin itu penting.

Jika diganti secara rutin sebenarnya juga memberikan keuntungan bagi pengendara, seperti menjaga performa motor, sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien dan motor tetap nyaman dikendarai.

Tak hanya diganti secara rutin, pemilihan oli yang digunakan juga harus dilipih secara cermat. Anda sebagai pengendara harus mengetahui dulu kebutuhan motor Anda. Baru kemudian memilih oli yang tepat.

Misalnya motor Anda adalah motor matic yang tentunya punya kebutuhan perawatan berbeda dengan motor manual.

Kalau di motor manual oli mesin digunakan untuk melimasi komponen transmisi, motor matic butuh oli garden untuk melumasi komponen transmisi secara terpisah. Beda kan?

Oli garden di sini berfungsi untuk melumasi transmisi motor matic yang bergesekan secara terus menerus. Sebenarnya penggantian oli ini tidak perlu dilakukan sesering oli mesin, tapi jika Anda lalai dalam mengganti oli gardan, motor jadi kurang nyaman dikendarai.

Mesin akan terdengar lebih berisik dan terasa kasar, juga berat. Hal ini pada akhirnya juga membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Komponen lain yang harus dilumasi secara rutin selain transmisi dan mesin adalah front fork. Jika motor mulai terasa goyang atau kurang stabil, coba periksa keadaan oli front fork motor Anda. Ingat-ingat kapan terakhir Anda mengganti oli-nya, karena oli front fork motor Anda perlu diganti secara berkala, apalagi jika Anda sering melewati jalan yang tidak rata.

Mengingat pentingnya oli untuk motor, Yamaha terus meningkatkan kualitas pelayanannya untuk pelanggan Indonesia. Yamaha menyediakan pelumas Yamalube yang bisa digunakan untuk semua merek kendaraan roda dua.

Yamalube

Yamalube Power Matic kini hadir dengan kemasan baru yang lebih keren dan aman untuk menjaga kualitas oli. Material Semi Synthetic dan JASO MB pada oli ini membuat perlingdungan mesin motor matic dari keausan dan gesekan pada kecepatan tinggi. Viskositas (tingkat kekentalan) oli ini 10W-40, cocok digunakan untuk semua jenis motor matic modern ‘zaman now’, jadi #semuabisapakai.

Yamalube

Selain Yamalube Power Matic, Yamalube Gear Matic Oil dan Yamalube Front Fork Oil juga hadir dengan kemasan baru yang lebih baik menjaga kualitas oli dan juga lebih mudah digenggam. Kedua pelumas ini cocok digunakan untuk semua jenis motor.

Front Fork Oil Yamalube

Dengan merawat komponen motor, performa motor Anda pun tetap terjaga maksimal dan berkendara pun terasa nyaman. Pilihlah pelumas terbaik untuk motor Anda, cek info selengkapnya di sini.

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved