Mobil Pedesaan AMMDes Siap Ditawarkan ke Instansi Pemerintah Lewat Situs LKPP

"Untuk sampai akhir tahun ini produksi masih hand made dan secara bertahap tahun depan akan robotik," kata Reiza.

Mobil Pedesaan AMMDes Siap Ditawarkan ke Instansi Pemerintah Lewat Situs LKPP
Alex Suban/Alex Suban
Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) saat dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 di arena ICE BSD City, Tangerang Selatan. 

Laporan Reporter Kontan, Eldo Christoffel Rafael

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA -  Mobil pedesaan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) mulai menyasar segmen pemerintah. Mobil ini siap dipasarkan ke instansi pemerintah dengan memasukkan data mobil ini di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) kendaraan program Kementerian Perindustrian (Kemprin) agar bisa dipasarkan secara nasional.

Presiden Direktur PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), Reiza Treistanto menjelaskan penjualan umum dan ke lembaga pemerintah akan melalui cara berbeda.

Diantaranya, melalui PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) sebagai perusahaan yang merancang, merekayasa, dan memproduksi AMMDes. Nantinya perusahaan tersebut akan memasukan AMMDes ini ke e-catalog LKPP. 

Baca: Shell dan Pertamina Siap Pasarkan Bahan Bakar Biosolar

"Untuk sampai akhir tahun ini produksi masih hand made dan secara bertahap tahun depan akan robotik," kata Reiza.

Serta, PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) sebagai perusahaan yang memasarkan, menjual dan mendistribusikan suku cadangnya, serta menyediakan layanan dukungan teknis pasca penjualan. 

Nantinya lewat perusahaan ini akan menjual secara umum. Adapun jalur distribusi penjualan maupn after sales akan memanfaatkan jaringan Astra Otoparts yang tersebar di seluruh Indonesia

"Target awal produksi tahun depan sebanyak 15.000 unit per tahun. Memanfaatkan pabrik di Citereup, Bogor dan di Klaten, Jawa Tengah," kata Reiza kepada KONTAN, Minggu (26/8/2018).

Adapun untuk harga jual Reiza memperkirakan ada di kisaran harga Rp 70 juta. Hal ini mempertimbangkan dari komponen yang ada dalam AMDes tersebut.

AMMDes memiliki tingkat kandungan komponen lokal mencapai 70% dan melibatkan 71 vendor. Rinciannya, 69 vendor lokal (38 IKM; 15 Astra; 16 non Astra) dan 2 vendor luar negeri untuk menyediakan 189 komponen penyusun AMMDes.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved