Tata Nexon Raih Skor Bintang Lima di Uji Tabrak Global NCAP

Predikat bintang 5 ini diraih Tata Nexon untuk keamanan penumpang dewasa tertinggi dengan skor 16.06 / 17.00 di antara semua model yang diuji

Tata Nexon Raih Skor Bintang Lima di Uji Tabrak Global NCAP
HANDOUT
Uji tabrak Tata Nexon oleh Global NCAP dengan predikat bintang lima. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mobil sport utiility vehicle (SUV) terbaru dari Tata Motors, Tata Nexon, meraih predikat bintang 5 dari uji tabrak Global NCAP yang baru-baru ini diselenggarakan. Pencapaian ini menjadikan Tata Nexon sebagai mobil brand India pertama dan satu-satunya yang meraih predikat ini dari badan akreditasi Global NCAP yang selama ini digunakan sebagai parameter standar keselamatan di kendaraan.

Predikat bintang 5 ini diraih Tata Nexon untuk skor keamanan penumpang dewasa tertinggi dengan skor 16.06 / 17.00 di antara semua model yang diuji di pasar India oleh Global NCAP. Standar keamanan bintang 5 ini berlaku untuk semua varian Tata Nexon.

Dalam pengetesan kekuatan rangka dan bodi kendaraan, Global NCAP menguji tabrak mobil ini dari arah depan dan samping dan gabungan dari kedua tes ini menghasilkan rating bintang 5 penuh yang skor keamanan penumpang dewasa tertinggi (16,06 / 17,00) di antara semua model yang diuji di pasar India.

"Nexon juga telah mencapai peringkat bintang 3 yang sangat baik untuk keselamatan penumpang anak. Dengan pencapaian ini, Nexon adalah mobil pertama dan satu-satunya di India yang menerima peringkat ini," ungkap Mr. Mayank Pareek, Presiden - PVBU, Tata Motors dalam keterangan pers tertulisnya kepada Tribunnews.

Dirancang sepenuhnya, dikembangkan dan dibuat di India, pencapaian Tata Nexon ini menempatkan India pada posisi global dan merupakan tahapan awal bagi peran aktif Tata Motors dalam memajukan teknologi keamanan berkendara.

Teknik simulasi digital mutakhir dan berbagai tes terkait keselamatan di mobil ini memanfaatkan pengalaman puluhan tahun Tata Motors.

Baca: Nokia Luncurkan Earbud Wireless, Pesaing AirPod Apple

“Para pembeli mobil India semakin banyak menetapkan peringkat keamanan sebagai salah satu parameter teratas saat melakukan pembelian mobil. Kami sangat senang menerima peringkat keamanan tertinggi dari Global NCAP, untuk Nexon. Hasil Global NCAP ini merupakan cerminan dari komitmen kami untuk menjaga keamanan sebagai prioritas pertama," ungkap Mayank Pareek. 

Mr Rajendra Petkar, Chief Technology Officer Tata Motors Limited mengatakan, Tata Motors memiliki warisan untuk membuat kendaraan yang aman dan awet.

Uji tabrak Tata Nexon
Uji tabrak Tata Nexon oleh Global NCAP dengan predikat bintang lima.

"Hasil tes Global NCAP ini menegaskan bahwa TML memiliki teknologi dan komitmen untuk menyediakan keamanan global terbaik yang dapat diakses oleh pelanggan India. Dengan Tata Nexon, kami terus memimpin dalam keamanan kendaraan," ujar Rajendra.

Tata Nexon memiliki struktur bodi yang mampu menyerap energi dengan konstruksi baja berkekuatan tinggi yang mampu melindungi kompartemen penumpang dari deformasi.

Baca: Buntut Perseteruan dengan Apple, Foxconn Siapkan Gugatan ke Qualcomm

Untuk keamanan pengemudi dan penumpang, Tata Nexon juga dilengkapi dengan dua front airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner dan load limiter yang mencegah penumpang dari risiko cedera.

Area kaki pengemudi juga diperkuat dengan pedal blocker untuk mencegah cedera kaki jika terjadi musibah kecelakaan.

Tata Nexon juga memiliki serangkaian fitur keamanan seperti ABS dengan EBD, child lock, peringatan dini berbasis suara, sensor parkir, lampu kabut depan yang memberi panduan saat menikung serta ISOFIX untuk kursi anak.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved