Helm Motocross Sengaja Dibikin Berbeda dengan Helm Biasa, Ini Tujuannya

Sama-sama punya fungsi penting melindungi kepala, tapi jelas nih ada perbedaan yang mencolok kalau melihat helm motocross dan helm full face biasa.

Helm Motocross Sengaja Dibikin Berbeda dengan Helm Biasa, Ini Tujuannya
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Pengunjung sedang memiih helm motor berbagai merek di both helm area Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2015 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (11/6/2015). Pameran tahunan untuk menyambut HUT DKI Jakarta yang ke 488 mengangkat tema Semangat Jakarta Fair Kemayoran ini akan berlangsung hingga 5 Juli 2015. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sama-sama punya fungsi penting melindungi kepala, tapi jelas nih ada perbedaan yang mencolok kalau melihat helm motocross dan helm full face biasa.

Mungkin juga ada yang bertanya-tanya kenapa helm motocrossdibikin berbeda sama helm biasa, tapi ada juga yang enggak peduli atau sekadar menjawab, "sudah beda peruntukannya."

Memang sih beda peruntukkan, tapi ya siapa tahu kamu ada yang penasaran kenapa helm motocross dibikin meruncing kayak helm cakil, simak terus deh penjelasannya nih!

Dijelaskan Imas Prayogo, Kepala Toko Prime Gears, Distributor Helm Arai (Cargloss Group), fungsi helm ini dibuat meruncing agar sirkulasi udara lebih optimal sehingga tidak bikin sesak dan tidak mudah berembun.

"Karena penggunaan helm trail medannya cukup menantang, pastinya sangat menguras tenaga, dengan begitu pengguna jadi lebih sering menghirup dan membuang nafas," terang Imas kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Itu alasan mengapa helm trail punya desain moncong lebih panjang, selain alasan utamanya untuk melindungi bagian dagu maupun gigi saat terjadi benturan.

Selain itu, helm trail juga tidak memakai visor, tapi menggunakan goggle atau kaca mata khusus. Oh iya jangan ketuker sama google, itu sih mesin pencarian!

Goggle dianggap lebih praktis dan lebih mudah dibersihkan ketika kotoran sudah menumpuk. Kamu tinggal lepas saja, bersihkan, lalu pakai lagi!

Kebayang kan kalau di medan berlumpur kamu pakai helm biasa yang bervisor, pasti bakal repot banget bersihinnya harus buka helm dulu, lalu lepas visor, bersihkan, pasang visor lagi, baru jalan lagi.

Baca: Bagikan 5.555 Helm SNI, Korlantas Polri Catat Rekor di MURI

Selain moncongnya yang panjang, ciri khas dari helm motocross dan adventure adalah pet helm.

Halaman
12
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved