Bengkel Resmi Ini Bikin Daftar Layanan dan Harga Layaknya Menu di Restoran

Konsepnya seperti restoran, tapi daftar menu yang dihadirkan bukan berisi list makanan, melainkan biaya servis yang diambil berdasarkan jarak tempuh.

Bengkel Resmi Ini Bikin Daftar Layanan dan Harga Layaknya Menu di Restoran
IST
Buku Menu Servis berkala Auto2000 dibuat layaknya menu makanan di restoran 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Saat datang ke bengkel untuk melakukan perawatan berkala atau servis rutin, biasanya konsumen masih binggung dengan estimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Kondisi ini kadang membuat khawatir takut tidak sesuai dengan bujet yang dimilikinya.

Untuk megatasi hal ini, diler Auto2000 HR Muhammad di Surabaya, Jawa Timur, punya cara unik menginformasikan kisaran biaya servis saat konsumen datang ke bengkel, yakni dengan menyediakan buku "menu" khusus kepada konsumen.

Konsepnya seperti restoran, tapi daftar menu yang dihadirkan bukan berisi list makanan, melainkan biaya servis yang diambil berdasarkan jarak tempuh.

Menariknya lagi, dalam menu tersebut juga sudah dilengkapi dengan rincian informasi mengenai jenis pergantian sampai perawatan mobil Toyota .

"Fungsi buku menu ini sebenarnya sebagai informasi bagi konsumen yang datang mau melakukan servis. Saat konsumen datang antre, akan ada petugas yang memberikan buku menu servis ini, selain bisa mengestimasi biaya yang akan dikeluarkan, tentu juga menjadi bahan bacaan ketika mereka menunggu di dalam mobil," ucap Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Surabaya Andreas Totok Sugianto, kepada media saat berkunjung ke bengkel, Selasa (19/3/2019).

Auto2000 HR Muhammad, Surbaya Totok menjelaskan bila harga yang tertera pada buku menu tersebut merupakan kisaran atau estimasi yang bisa dijadikan patokan.

Baca: CEO Auto2000 Tanggapi Positif Mengenai DP 0 Persen Kendaraan

Bila ada perubahan biaya atau tambahan, seperti adanya kerusakan lain dan sebagainya, maka kondisi tersebut akan dikonfirmasikan lebih dulu ke konsumen.

"Ketepatannya 67 persen, jika melenceng ada petugas yang akan menginformasikan ke konsumen. Begitu juga kalau ada kerusakan suku cadang lain, kita kasih tahu dan informasikan dulu ke konsumennya," ucap Totok.

Tidak hanya menu servis, ragam inovasi lain juga banyak dilakukan oleh Auto2000 HR Muhammad. Contohnya seperti shuttle service to mall, kepastian waktu saat antre servis, Service Advisor Tag yang dilekatkan di mobil konsumen lengkap dengan nomor kontaknya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diler Ini Bikin Daftar Harga Seperti "Menu" Makanan" 

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved