GIIAS 2019

Hino Dutro: Andalan Pengusaha di Dalam Negeri, Makin Dipercaya di Negeri Orang

Kiprah truk ringan Hino Dutro sebagai pemain truk ringan tidak hanya semakin kuat di dalam negeri, tapi juga di pasar ekspor.

Hino Dutro: Andalan Pengusaha di Dalam Negeri, Makin Dipercaya di Negeri Orang
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Hino Dutro Euro 4 versi setir kiri untuk tujuan ekspor ke Filipina dipamerkan di booth Hino di gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Kamis (25/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di pasar kendaran niaga ringan, truk Hino Dutro menjadi salah satu dari tiga merek kendaraan yang kini menjadi penguasa pasar.

Data pada Gaikindo menyebutkan, selama periode Januari – April 2019, Hino menjual truk Hino Dutro sebanyak 4.409 unit yang merepresentasikan 21 persen penguasaan pasar dengan tren pertumbuhan yang terus positif sejak beberapa tahun terakhir.

Menariknya, dari semua varian yang dipasarkan, Hino Dutro 130 HD menjadi tulang punggung penjualan dengan kontribusi mencapai 61 persen atau 2.709 unit selama periode Januari-April 2019 yang diserap oleh pengusaha yang bergerak di sektor konstruksi, perkebunan dan galian pasir.

Kiprah Hino Dutro sebagai pemain truk ringan tidak hanya semakin kuat di dalam negeri, tapi juga di pasar ekspor. Perlahan tapi pasti, Hino menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Hino Dutro untuk pasar ekspor.

Baca: Ruben Onsu Angkat Betrand Peto Jadi Putranya, Suami Sarwendah Tak Lagi Idamkan Anak Laki-laki

Sejak 2010 Hino Indonesia memproduksi dan mengekspor truk ringan Hino300 atau populer dikenal dengan sebutan Hino Dutro untuk pasar ekspor.

Hino Dutro Euro 4 versi setir kiri2
Hino Dutro Euro 4 versi setir kiri untuk tujuan ekspor ke Filipina dengan chassis tipe ladder frame, dipamerkan di booth Hino di gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Kamis (25/7/2019).

Hino Dutro untuk pasar ekspor ini diproduksi dan dirakit di pabrik PT Hino Motors Manufacturing Indonesia di kawasan industri Kota Bukit Indah, Purwakarta.

Data resmi yang dipublikasikan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), agen pemegang merk truk dan bus Hino di Indonesia menyebutkan, sejak 2010 sampai Juli 2019, ekspor truk dan bus Hino sudah merambah pasar di negara-negara Asia, Oceania, Afrika, dan Amerika Latin.

Baca: Penjualan Toyota Naik Tipis di GIIAS 2019, Avanza dan Innova Mendominasi

Di Asia Tenggara dan Oceania, negara-negara tujuan ekspor tersebut antara lain, Vietnam, Kamboja, Filipina, Myanmar, Laos serta Papua Nugini.

Sementara pasar ekspor ke Amerika Utara dan Amerika Selatan antara lain Bolivia dan Haiti. Sementara, pasar Afrika antara lain, Mali, Burkina Faso, Kamerun, Kongo, Sierra Leone, Pantai Gading dan Ghana.

Ekspor 12 varian Dutro

Dalam paparannya di pembukaan booth Hino di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Kamis (18/7/2019) lalu, Presiden Direktur PT HMSI Hiroo Kayanoki menyatakan, Hino saat ini mengeskpor truk dan busnya ke 15 negara tujuan.

Khusus truk ringan Hino Dutro, total ada 12 varian yang diproduksi untuk pasar ekspor. Ke-12 varian tersebut terdiri dari enam varian Hino Dutro dengan spesifikasi mesin Euro 2 dan enam varian dengan spesifikasi mesin Euro 4.

Kinerja ekspor Hino
Presdir PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Hiroo Kayanoki memaparkan data kinerja ekspor kendaraan Hino ke pasar mancanegara di pembukaan booth Hino di pameran otomotif GIIAS 2019, Kamis (18/7/2019).
Halaman
1234
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved