Deretan Mobil Dinas Kepresidenan Era Soekarno Hingga Jokowi

Mobil kepresidenan yang dipakai oleh Presiden Republik Indonesia, terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman.

Deretan Mobil Dinas Kepresidenan Era Soekarno Hingga Jokowi
TRIBUNNEWS/SENO
Istana memajang dua mobil kepresidenan yang pernah digunakan Presiden kedua Soeharto dengan jenis sedan Cadillac tipe Fleetwood Brougham keluaran tahun 1980 di perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Sabtu (17/8/2019). Dua mobil tersebut dipajang di halaman belakang Istana Negara, tempat para pejabat masuk ke dalam lingkungan Istana Merdeka. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Mobil kepresidenan yang dipakai oleh Presiden Republik Indonesia, terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman.

Mobil kepresidenan yang digunakan pertama kali pada awal kemerdekaan adalah Buick 8 yang dipakai Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Soekarno, Buick 8 merupakan mobil pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, Generat Motors.

Baca: Polda Papua Barat Tetapkan Tiga Tersangka Pembobol ATM dan Pembakar Bendera di Manokwari

Dihimpun dari berbagai sumber, di masa kepemimpinan Presiden Soeharto, ada pergantian mobil kepresidenan dari pabrikan otomotif Amerika menjadi pabrikan Jerman.

Baca: Kata Roy Suryo soal Larangan Kendaraan Tua di Jakarta

Presiden Kedua Republik Indonesia ini menggunakan Mercedes Benz untuk menemani berbagai aktivitas. Mobil Mercedes-Benz tipe500SEL Limousine 1987 yang memiliki keamanan dengan dilapisi baja dan kaca mobilnya anti peluru.

Baca: Insiden KM Santika Nusantara Terbakar, Evakuasi Tuntas, 3 Orang Dirawat di Puskesmas Masalembu

Pada 1995 presiden Soeharto mengganti mobil dinasnya dengan Mercedes Benz S600 tahun 1994. Mobil ini memiliki keamanan yang sama dengan mobil sebelumnya, S600 ini menjadi cikal bakal Mercedes Benz Menemani Presiden Indonesia.

Baca: Ini Deretan Kontroversi Aceng Fikri Terkait Hubungannya dengan Kaum Hawa

Mercedes Benz S600 era Sooeharto masih digunakan oleh Presiden berikutnya, seperti Bj Habibie, Kemudian Gus Dur, Megawati, dan terakhir digunakan oleh Susilo Bambang Yudoyono (SBY).

Pada periode kedua SBY, Mercedes Benz S600 tahun 1994 digantikan oleh Mercedez Benz S600 Guard tahun 2007. Dilengkapi dengan anti peluru, anti ledakan dan kaca yang dilapisi polikarbonat agar terlindung dari lemparan serpihan.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved