Menilik Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jokowi Mercedes Benz S600 Guard, Bisakah Dibeli Semua Orang?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya mobil dinas baru, yakni Mercedes Benz S600 Guard, ini sejumlah faktanya

Menilik Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jokowi Mercedes Benz S600 Guard, Bisakah Dibeli Semua Orang?
Alex Suban/Alex Suban
Presiden Joko Widodo menumpang mobil Toyota Alphard B 2541 TOI saatmengunjungi kediaman Presiden ke-4 RI, almarhum Abdurahman Wahid (Gus Dur) di Ciganjur, Jakarta Selatan, dan bergerak menuju lokasi pengumuman ketua Tim Kampanye Nasiona, lJumat (7/9/2018). Biasanya dalam aktivitas kepresidenan, Jokowi menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard dengan plat nomor RI 1. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya mobil dinas baru, yakni Mercedes Benz S600 Guard, ini sejumlah faktanya. 

Mercedes Benz S600 Guard akan menggantikan Mercedes Benz S 600 Pullman Guard.

Sebelumnya, mobil tersebut digunakan sebagai kendaraan dinas presiden sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Lewat rilis resmi, Kementerian Sekertariat Negara RI menyebutkan dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian

"Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekertariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan," tulis rilis resmi Kementerian Sekertariat Negara RI, dikutip Jumat (23/8/2019), dikutip Tribunnewswiki.com dari Kompas.com.

Penggantian unit Mercedes-Benz S600 Guard kepada Mercedes-BenzIndonesia dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan memakai sistem tender umum seperti pengadaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri.

"Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung, mengingat diperuntukan bagi pengaman Presiden dan Wakil Presiden," tulis rilis itu.

Spesifikasi Mercedes Benz S600 Guard memiliki tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi untuk penumpangnya.

Untuk spesifikasi kendaraan non-militer, S600 Guard telah memiliki sertifikat VR10 dengan tingkat perlindungan tertinggi.

VR merupakan standar perlindungan balistrik terbaru yang diterapkan oleh negara-negara Eropa.

BACA SELANJUTNYA>>>

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved