Breaking News:

Tips Berkendara Eco Driving di Suzuki All New Ertiga

Metode Eco Driving menjadi cara cerdas untuk menghemat pemakaian bahan bakar minyak (BBM) sekaligus ramah terhadap lingkungan.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Reynas Abdila
Petugas mengisi bensin sebelum lomba irit Suzuki All New Ertiga trek Cikarang-Cirebon 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Metode Eco Driving menjadi cara cerdas untuk menghemat pemakaian bahan bakar minyak (BBM) sekaligus ramah terhadap lingkungan.

Hal ini dilakukan peserta Suzuki All New Ertiga Tripventure.

Public Relation Departement PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Aris Indratmodjo menjelaskan beberapa hal untuk mengefisiensikan bahan bakar.

Baca: Live Streaming Drawing Liga Champions 2019/2020: Live UEFA.com, Real Madrid Segrup Liverpool?

“Pengendara perlu melakukan beberapa hal seperti menjaga kecepatan agar tetap konstan dan mengurangi akselerasi dan deselerasi, menggunakan Air Conditioner (AC) secara tepat, memerhatikan tekanan udara pada ban, memanaskan mesin dengan tepat, tidak membiarkan mesin menyala pada kondisi diam (idle) dengan waktu yang lama,” terang Aris.

“Yang terpenting juga tidak membawa beban yang melebihi daya angkut kendaraan," tambahnya.

Baca: Deretan 5 Ponsel Android Baru akan Segera Diluncurkan Sampai Akhir Tahun 2019, Yuk Simak Ini

All New Ertiga Tripventure menuju Cirebon dari Pabrik Suzuki di Cikarang dengan mengendarai 8 unit All New Ertiga, yang terdiri dari 4 unit All New Ertiga bertransmisi manual dan 4 unit All New Ertiga bertransmisi otomatis.

Rangkaian berkendara Eco Driving tersebut menjadi ajang lomba bagi para jurnalis sebagai pesertanya.

Peserta ditantang untuk mengendarai All New Ertiga, yang bermesin K15B DOHC 1.500 cc, dengan metode Eco Driving untuk mengukur ketepatan waktu dan efisiensi bahan bakar, namun tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

Baca: Ini Manfaat Konsumsi Telur Setiap Hari bagi Tubuh

Tujuan wisata pertama yang dikunjungi oleh peserta All New Ertiga Tripventure adalah Marina Seafood Restaurant, Cirebon.

Untuk menuju destinasi ini, peserta All New Ertiga Tripventure melalui jalur tol Palimanan dengan jarak perjalanan sejauh 172 km.

Setelah menikmati hidangan laut khas Cirebon, perjalanan All New Ertiga Tripventure serta Lomba Ertiga Irit berlanjut ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan merupakan keraton termegah di Cirebon yang kental akan nilai sejarah.

Di sini, peserta berkesempatan mengeksplorasi tampilan All New Ertiga yang premium dan stylish dalam lomba foto dan video dengan latar Keraton Kasepuhan Cirebon.

Lomba Ertiga Irit berakhir di Keraton Kasepuhan.

Setelah menempuh perjalanan dari Cikarang hingga Keraton Kasepuhan sejauh 184 km, konsumsi bahan bakar kedelapan mobil peserta All New Ertiga Tripventure dinilai dengan metode full-to-full.

Mobil dengan angka konsumsi bahan bakar paling rendah dinobatkan menjadi juara Lomba Ertiga Irit.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved