Mengenal Molybdenum, Bahan Aditif di Pelumas Ecstar untuk Mobil Suzuki

Kode SN di pelumas Ecstar ini merupakan kode untuk pelumas dengan standar tertinggi dari API (American Petroleum Standard).

Mengenal Molybdenum, Bahan Aditif di Pelumas Ecstar untuk Mobil Suzuki
IST
Peluncuran pelumas Ecstar 0W–20 untuk mobil Suzuki di Jakarta. Pelumas ini mencapai standar API (American Petroleum Standard) tertinggi, yaitu SN dan ditujukan untuk pengguna mobil Suzuki bermesin bensin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) baru aja merilis pelumas terbaru untuk mobil Ecstar dengan spesifikasi 0W–20 SN buat para pengguna mobil Suzuki di Indonesia.

Oli ini ditujukan untuk mobil Suzuki berbahan bakar bensin dengan tipe F 7000, yang merupakan pelumas berbasis semi sintetis, dan F 9000 yang merupakan pelumas berbasis 100 persen sintetis berperforma lebih tinggi dengan 0W–20

Kode SN di pelumas Ecstar ini merupakan kode untuk pelumas dengan standar tertinggi dari API (American Petroleum Standard).

Namun, bisa jadi tidak banyak yang tahu ada teknologi oli terbaru yang disematkan di pelumas ini. Namanya Molybdenum.

Ignatius Ratrianto, Spare Part Department Head PT SIM menyatakan, Molybdenum merupakan kandungan atau bahan aditif oli di pelumas Ecstar yang berfungsi sebagai friction modifier yang membentuk lapisan di atas permukaan metal di dalam mesin.

Perbandingan kualitas base oil
Perbandingan kualitas base oil pada pelumas Ecstar.

"Bahan aditif ini berguna mengurangi friksi atau gesekan sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal dan mobil jadi lebih menghemat bahan bakar," ungkap Ratrianto.

Manfaat lainnya adalah menjaga temperatur mesin tetap stabil, bahkan pada saat menyalakan mesin di kondisi dingin.

Selain itu, aditif ini juga membuat ruang mesin menjadi lebih bersih dan usia mesin jadi lebih awet, mencegah pembentukan lumpur dan endapan.

Dia menjelaskan, kualitas oli Suzuki Genuine Oil (SGO) sebanding dengan oli Ecstar. Secara perlahan, oli Ecstar akan menggantikan semula pelumas Suzuki yang selama ini menggunakan nama SGO.  

Baca: Bakrie Autoparts Pamerkan Bus Listrik yang Diujicoba Transjakarta

Ratrianto menjelaskan, oli SGO saat ini sudah ditest dan disetujui oleh Suzuki Motor Corporation (SMC) untuk menggunakan brand Ecstar dan secara bertahap SGO akan berubah nama menjadi Ecstar.

Baca: New Carry Pick Up Versi Lebih Mewah Diperkirakan Akan Tampil di Arena GIICOMVEC

"Nantinya semua oli Suzuki akan menjadi Ecstar yang artinya bahwa oli ini memenuhi standar internasional yang digunakan Suzuki di dunia," jelasnya.

Baca: Bakrie Autoparts Pamerkan Bus Listrik yang Diujicoba Transjakarta

Ecstar sendiri kini digunakan Suzuki sebagai brand pelumas sekaligus menjadi brand untuk produk globalnya yang dibawa ke Indonesia. Brand ini juga digunakan untuk merek produk chemical Suzuki yang dipasarkan di Indonesia.

Ratrianto menjelaskan, untuk produk yang dipasarkan di Indonesia, oli Ecstar diproduksi sebagai hasil kerjasama dengan oil maker di Indonesia dengan spesifikasi dan kualitas yang telah memenuhi standar Ecstar.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved