Pengguna Mobil Suzuki Buatan 2012 ke Atas Disarankan Beralih dari Oli SGO ke Ecstar

Brand Ecstar ini tidak hanya untuk pelumas saja tapi juga digunakan untuk merek produk chemical.

Pengguna Mobil Suzuki Buatan 2012 ke Atas Disarankan Beralih dari Oli SGO ke Ecstar
IST
Pelumas Ecstar saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (4/2/2020). Pelumas ini memiliki spesifikasi 0W–20 SN dan ditujukan untuk mobil Suzuki bermesin bensin buatan tahun 2012 ke atas. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Secara bertahap Suzuki akan menghentikan penjualan pelumas Suzuki Genuine Oil (SGO) di pasar Indonesia dan akan menggantikannya dengan pelumas Ecstar, merek pelumas baru yang diluncurkan Suzuki 4 Februari 2020 lalu.

Ignatius Ratrianto, Spare Part Department Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengatakan, pelumas Ecstar selanjutnya akan menjadi pelumas resmi untuk mobil-mobil Suzuki dari berbagai tipe yang dipasarkan di Indonesia. 

"Ecstar merupakan oli yang direkomendasikan oleh Suzuki dan paling cocok untuk mesin Suzuki karena telah lulus uji dari tim R&D Suzuki," ujar Ignatius Ratrianto, Jumat (14/2/2020).  

Ratrianto menjelaskan, pelumas Ecstar cocok digunakan untuk mobil-mobil baru keluaran Suzuki dengan tahun pembuatan 2012 ke atas seperti model MPV Suzuki Ertiga.

Apakah oli ini juga dapat digunakan untuk kendaraan lawas Suzuki? Ratrianto menyarankan agar pemilik mobil Suzuki model lama agar menggunakan pelumas SGO dan nanti bisa berganti ke Ecstar saat pelumas SGO secara bertahap dihentikan peredarannya di akhir 2020.

Terkait penggunaan pelumas Ecstar untuk mobil merek lain selain Suzuki, Ratrianto menyatakan, pada prinsipnya bisa. 

Oli Ecstar1
Kandungan Molybdenum di pelumas Ecstar bekerja mengurangi friksi (gesekan) di ruang mesin.

"Sebenarnya klasifikasi viscositas dan API service itu berlaku umum. Namun Ecstar diformulasikan secara khusus dan ditest sesuai dengan mesin Suzuki," kata dia.

Oli Ecstar memiliki spesifikasi 0W–20 SN. Pelumas ini ditujukan untuk mobil Suzuki berbahan bakar bensin dengan tipe F 7000, yang merupakan pelumas berbasis semi sintetis, dan F 9000 yang merupakan pelumas berbasis 100 persen sintetis berperforma lebih tinggi dengan 0W–20.

Baca: Blokir Ponsel Ilegal Lewat IMEI Akan Diujicoba Senin Lusa

Kode SN di pelumas Ecstar ini merupakan kode untuk pelumas dengan standar tertinggi dari API (American Petroleum Standard).

Baca: Masato Uchida Jadi Presdir Baru Hino Motors Sales Indonesia

Ratrianto kembali menegaskan, secara bertahap pelumas dengan merek SGO akan berubah menjadi Ecstar. Sehingga nantinya semua oli Suzuki yang beredar di pasar akan menggunakan nama Ecstar.

Ecstar menjadi brand dan kualitas standar global Suzuki yang sudah memenuhi standar internasional yang digunakan Suzuki di seluruh dunia.

Namun brand Ecstar ini tidak hanya untuk pelumas saja tapi juga digunakan untuk merek produk chemical.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved