Apa Itu Google Station, Program WiFi Cuma-cuma yang akan Jadi Kenangan

Inisiasi Google Station di Indonesia diungkap oleh Country Director Google Indonesia saat itu, Tony Keusgen dalam acara Google for Indonesia

Alex Suban/Alex Suban
Youtuber Indonesia dari kiri ke kanan Eka Gustiwana, Regi, Young Lex dan Gadis Korea Selatan yang tinggal di Indonesia Han Yoora bergaya dalam acara dan jumpa pers Google for Indonesia di Jakarta Selatan, Kamis (24/8/2017). Google Indonesia meluncurkan produk Hotspot Wifi Google Station, Youtube Go yang hemat data, dan asisten Google bahasa Indonesia Allo serta Waze dan Google Search yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM - Google baru saja mengumumkan akan menghentikan program Google Stations di India. Penyetopan program ini ternyata juga akan berlaku di Indonesia akhir tahun 2020.

Sebenarnya, apa itu inisiasi Google Station? Google Station adalah inisiasi WiFi publik gratis yang digelar oleh Google. Program ini sudah berjalan di Indonesia sejak tahun 2017 lalu.

Inisiasi Google Station di Indonesia diungkap oleh Country Director Google Indonesia saat itu, Tony Keusgen dalam acara Google for Indonesia di Jakarta, Agustus 2017.

Saat diluncurkan, Google tidak sendirian dalam upaya menghadirkan WiFi gratis tersebut. Mereka menggandeng rekanan lokal, yakni perusahaan penyedia akses internet CBN dan FiberStar.

Google akan mengelola kualitas koneksi WiFi tersebut menggunakan berbagai software buatannya. Sedangkan CBN dan FiberStar berperan menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

Baca: Google Akan Hentikan Operasi Google Stations di Indonesia Akhir 2020

“Pertama Google Station akan ada di Jakarta, lalu Surabaya, Denpasar, Bandung, lalu kota-kota lain. Kami akan mulai tahun ini, jadi nanti akan ada jutaan orang yang bisa mengakses WiFi publik tersebut,” ujar Tony kala itu.

Tony menjanjikan kualitas koneksi Google Station bakal lebih baik dibanding kebanyakan WiFi publik. Penggunanya nanti bakal merasakan kecepatan internet tinggi, bisa dengan mudah streaming video HD dan mengakses berbagai layanan dasar seperti e-mail.

Namun baru-baru ini, Head of Corporate Communications Google Indonesia, Jason Tedjasukmana mengatakan Google Station di Indonesia akan dihentikan pada akhir 2020.

Masih ada beberapa bulan lagi. (Akan berhenti) akhir tahun ini," kata Jason di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Jason mengatakan, perubahan teknologi dan semakin murahnya harga data paket internet seluler di Indonesia menjadi alasan penutupan program ini.

"Contohnya di India, semenjak Google Stations dibuat tahun 2016, harga data sudah turun 95 persen. Saya enggak tahu di sini bagaimana, tapi saya lihat di sini juga harga datanya turun," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Google Station, WiFi Gratis di Indonesia yang Segera Disetop Akhir Tahun Ini"

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved