Breaking News:

Cicilan Mobil Macet? Pahami Risikonya, Jangan Sembarangan Mengopernya ke Pihak Ketiga

Apakah kita bisa menjual kendaraan yang masih dalam proses mencicil tersebut ke pihak lain? Jawabannya bisa.

Penulis: Choirul Arifin
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Gelaran pameran Astra Auto Fest 2020 di Astra Biz Center Rabu, 19 Februari 2020. Pameran otomotif grup Astra ini berlangsung sampai Minggu, 23 Februari 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Membeli kendaraan roda empat atau roda dua dengan cara mencicil banyak dipilih orang agar bisa mendapatkan kendaraan yang diidam-idamkan.

Dengan mencicil, mereka bisa menikmati kesenangan berkendara melalui uang muka rendah dan cicilan ringan berikut bunganya yang disepakati dengan pihak perusahaan pembiayaan atau leasing, di muka.

Tapi dalam perjalanannya, tidak semua orang sanggup mengangsur cicilan kendaraan sampai lunas.

Ada yang kemudian menyerah karena kondisi keuangan yang sedang terguncang atau sebab lain sehingga untuk melanjutkan sisa cicilan terasa berat.

Pertanyaannya, apakah bisa kita langsung menjual kendaraan yang masih dalam proses mencicil tersebut ke pihak lain?

Jawabannya bisa. Tapi jangan sembarangan mengalihkan atau menjual mobil cicilan ke pihak ketiga dan menyerahkan sisa kewajiban cicilan kendaraan tersebut.

 Argha Fachsa, Head Sales Area 1 Toyota Astra Financial Services (TAF) yang Tribunnews temui di sela gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung di Astra Biz Center Rabu, 19 Februari 2020 mengatakan, sebaiknya jika ada konsumen atau pemilik kendaraan yang tidak sanggup lagi melanjutkan cicilan, menginformasikan kepada pihak leasing.

Jika dia berniat menjual atau mengalihkan cicilan kendaraan ke pihak ketiga, ajaklah calon pembeli tersebut ke kantor leasing di mana cicilan tersebut dulu diajukan. 

"Customer kita tetap sarankan datang ke kantor kita agar bisa kita assesment calon customer yang akan ambil alih angsuran kendaraannya," ujar Argha Fachsa.

Dia menyatakan, menjual kendaraan cicilan di bawah tangan kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan pihak leasing sangat merugikan customer tersebut.

Baca: Tawaran Cicilan Mobil Bunga Nol Persen dari TAF di Astra Auto Fest 2020

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved