Breaking News:

Virus Corona

Tujuh Terminal Bus di Jabodetabek Kembali Layani Pemberangkatan Armada AKAP dan AKDP

Dari sembilan terminal bus yang melayani bus AKAP dan AKDP, masih ada dua terminal yang belum dapat melayani penumpang.

Warta Kota/Alex Suban
Emplasemen Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kampung Rambutan, Jakarta Timur, tampak sepi setelah operasional terminal ini dihentikan sementara, Jumat (24/4/2020) mengacu pada Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pemutusan mata rantai virus corona (Covid-19). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), kembali membuka sejumlah terminal bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Pembukaan sejumlah terminal ini, menyusul selesainya perpanjangan larangan sementara penggunaan sarana transportasi dalam rangka pengendalian transportasi mudik atau balik Idul Fitri 1441 H pada tanggal 7 Juni 2020.

Kepala BPTJ Polana B. Pramesti mengatakan, dari sembilan terminal bus yang melayani bus AKAP dan AKDP, masih ada dua terminal yang belum dapat melayani.

"Terminal yang sudah mulai beroperasi diantaranya, Terminal Baranangsiang Bogor, Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kalideres, Tanjung Priok, Pulogebang, Kampung Rambutan dan Terminal Bekasi," ucap Polana saat dikonfirmasi, Senin (8/6/2020).

Baca: PSBB Transisi di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta Diminta Evaluasi Ketat Setiap Titik Check Point

Kemudian dua terminal yang belum kembali melayani bus AKAP, lanjut Polana, adalah Terminal Jatijajar Depok dan Terminal Poris Plawad Tangerang.

Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (9/12/2019).
Kepala BPTJ Polana B. Pramesti 

Menurut Polana, pihaknya masih menunda pelayanan bus AKAP terhadap dua terminal tersebut. Hal ini karena adanya rekomendasi dari pemerintah daerah atau gugus tugas yang ada di wilayah terkait.

Baca: APPBI Siapkan Aturan Baru untuk Tenant Menjelang Pembukaan Kembali Mal

"Kedua wilayah tersebut, diketahui saat ini sedang dalam proses mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 dan dalam kondisi menuju lebih baik," ucap Polana.

Meski tidak melayani bus AKAP, Polana menyebutkan, Terminal Jatijajar dan Poris Plawad sudah melayani bus AKDP dan tetap beroperasi untuk angkutan perkotaan dan lintas wilayah di dalam Jabodetabek.

Baca: Bank Bukopin Sebut Tarik Uang Tunai di ATM Tidak Ada Masalah

"Kami juga tentunya memastikan pelayanan di terminal wilayah Jabodetabek, tetap menjalankan protokol kesehatan seperti penerapan jaga jarak aman dan pembatasan jumlah penumpang," kata Polana.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved