Breaking News:

Pengamat: BBM Euro 4 Bisa Turunkan Polusi Udara di Perkotaaan

Untuk dapat menurunkan polusi udara, Pemerintah juga perlu mendorong penggunaan kendaraan listrik.

TRIBUNNEWS/LITA FEBRIANI
Pengamat otomotif Bebin Djuana 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat otomotif Bebin Djuana menilai penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan kualitas Euro 4 dapat menurunkan polusi di kota besar seperti Jakarta.

Menurutnya, octane number pada BBM tertentu tidak mempengaruhi tingkat polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

"Untuk dapat menurunkan polusi dari kendaraan bermotor, dibutuhkan BBM dengan kualitas Euro 4," kata Bebin saat dihubungi Tribunnews, Minggu (21/2/2021).

Bebin Djuana menyebutkan, BBM yang digunakan di Indonesia BBM saat ini masih kategori Euro 2 sehingga sulit untuk menurunkan tingkat polusi dari kendaraan bermotor.

Bebin juga menjelaskan, untuk dapat menurunkan polusi udara, Pemerintah juga perlu mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Baca juga: Pertamina Rampungkan Proyek 12 Terminal BBM di Kawasan Indonesia Timur

"Negara-negara di Eropa sudah mulai banyak menggunakan kendaraan listrik dan BBM yang digunakan sudah kategori Euro 4," ucap Bebin.

Baca juga: Relaksasi PPnBM dan DP 0 Persen Diyakini Bisa Dongkrak Permintaan Kredit Kendaraan

Hal tersebut,membuat tingkat polusi udara yang rendah, terlebih sudah pula didukung dengan penggunaan kendaraan listrik.

Bebin menyarankan agar Pertamina dapat memasarkan BBM berkualitas untuk masyarakat demi menekan polusi udara di perkotaan.

"Tentunya, ke depannya harus menggunakan BBM dengan kategori Euro 4, yang dapat menurunkan tingkat polusi udara akibat kendaraan bermotor," kata Bebin Djuana.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved