Breaking News:

Waspadai Traksi Berkurang, Ini Tips Berkendara Aman di Musim Hujan

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat hujan traksi atau daya cengkram roda ke permukaan jalan yang basah cenderung berkurang

dok. YIMM
Saat berkendara di musim hujan, gunakan safety gear yang nyaman di badan seperti jas hujan model setelan (atasan dan bawahan), helm dengan visor bening. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sepanjang bulan Februari ini curah hujan semakin meningkat tajam. Hujan yang turun hampir setiap hari menyebabkan banjir di mana-mana.

Jika Anda tetap harus keluar rumah berkendara motor karena harus bekerja atau keperluan penting lainnya, sebaiknya lebih waspada terhadap risiko kebanjiran dan risiko-risiko ikutan lainnya akibat cuaca ekstrem ini.

Misalnya, risiko kecelakaan akibat jalan yang licin karena air hujan dan tutupan lumpur pada permukaan aspal.

”Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan," ujar Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Senin (22/2/2021).

Karenanya, dalam berkendara kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan.

Yamaha Riding Academy (YRA) membagikan  beberapa tips bermanfaat agar Anda tercegah dari risiko kecelakaan saat berkendara dengan sepeda motor.

Berikut beberapa diantaranya:

1. Jaga jarak aman

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, karena jalan lebih licin sehingga traksi/daya cengkram pada roda motor berkurang.

2. Selalu Waspada

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved