Breaking News:

Pemerintah Siapkan Roadmap Pembelian Kendaraan Listrik untuk Instansi

Pembelian mobil listrik di Indonesia diperkirakan akan mencapai 132.983 unit.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Pengunjung mengamati mobil listrik Renault Zoe yang dipamerkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (20/4/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan pemerintah kini tengah menyiapkan roadmap pembelian Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik untuk instansi pemerintah sejalan dengan rencana pemerintah  memacu penggunaan EV di Indonesia.

"Pemerintah akan menerapkan roadmap pembelian EV di instansi pemerintah yang dirancang hingga tahun 2030," tutur Agus dalam diskusi online Investor Daily Summit 2021, Rabu (14/7/2021).

Menperin menyebut pembelian mobil listrik diperkirakan akan mencapai 132.983 unit. Sedangkan untuk kendaraan listrik roda dua diprediksi akan mencapai 398.530 unit.

Baca juga: Skuter Listrik Kymco Felo FW06 Berbasis F9 Dijual dengan 2 Varian

"Pemerintah Indonesia mendorong industri transportasi melalui rencana pengembangan industri nasional yang menetapkan visinya untuk menjadi pemain utama dalam industri otomotif global, khususnya di EV," kata Agus.

Baca juga: Penampakan LiveWire One, Sepeda Motor Listrik Pertama dari Harley-Davidson

Industri alat transportasi menjadi prioritas dalam RIPIN atau Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional 2015-2035 dimana Indonesia telah menetapkan roadmap pengembangan EV melalui peraturan Menteri Perindustrian Nomor 27 tahun 2020 tentang spesifikasi teknis roadmap EV dan penghitungan tingkat komponen kandungan lokal.

"Indonesia menargetkan untuk mengembangkan industri komponen utama baterai motor listrik dan inverter," imbuhnya.

Penulis: Lita febriani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved