Breaking News:

Samsung Perkenalkan Sensor ISOCELL untuk Mobil Tesla

Sensor ini dirancang pada hal lebih praktis seperti dynamic range tinggi 120 dB, dan mitigasi kedipan LED.

GSM Arena
Teknologi sensor ISOCELL Auto 4AC dari Samsung untuk mobil Tesla. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Samsung Electronics mengumumkan teknologi sensor pertamanya yang dirancang untuk mobil listrik.

Teknologi sensor itu bernama ISOCELL Auto 4AC, bahkan sensor gambar pertama yang dirancang khusus untuk mobil ini telah bocor. Sensor ini nantinya bakal digunakan sebagai kamera saat mobil mundur, atau pada sistem lebih canggih, untuk mendukung visualisasi monitor pandangan sekitar.

Mengutip GSM Arena, Rabu (14/7/2021), sensor ini dirancang pada hal lebih praktis seperti dynamic range tinggi 120 dB, dan mitigasi kedipan LED. Kemudian fokus kemampuan ini menggunakan teknologi yang disebut Samsung dengan nama CornerPixel.

ISOCELL mengombinasikan dua fotodioda per piksel, satu 3.0 µm untuk operasional bercahaya rendah dan satu 1.0 µm yang ditempatkan di sudut, dan akan digunakan untuk lingkungan dengan pencahayaan cukup. 

Rancangan sensor ini akan otomatis melakukan penyesuaian secara cepat terkait dengan pencahayaan di sekitar, sebagai contoh saat keluar dari terowongan. Setingan sensor ini juga menghadirkan dynamic range tinggi dengan blur pergerakan sedikit dan mengurangi kedipan cahaya LED.

Baca juga: Mobil Tesla Ramaikan Pembaruan PUBG Mobile 1.5

Hal tersebut menjadi faktor penting saat berkendara mengingat banyak lampu depan modern di di mobil serta lampu jalan telah menggunakan lampu LED. pengurangan kedipan juga dapat dicapai dengan memperluas waktu eksposur dari fotodioda berukuran kecil.

Baca juga: Skuter Listrik Kymco Felo FW06 Berbasis F9 Dijual dengan 2 Varian

Melalui pengembangan ISOCELL, Samsung berencana untuk memperkenalkan lebih banyak sensor untuk mencakup skenario penggunaan tersebut.

Hal tersebut menjadi penting sebab menurut laporan The Korea Economic Daily, Samsung Electro-Mechanics telah menandatangani kesepakatan 436 juta dollar AS atau setara Rp6,3 triliun dengan Tesla.

ISOCELL Auto 4AC merupakan sensor 1/3.7 inci dengan resolusi 1.3MP 1280 x 960 piksel, dan berbekal ISP terintegrasi di sensor tersebut. Sensor ini telah memenuhi persyaratan AEC-Q100 Grade 2, termasuk pengoperasian di rentang suhu sangat luas, dari -40 derajat Celcius hingga 125 derajat Celcius.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved