Daihatsu Terios Eco Idle Rilis di Indonesia, Harga Kena PPnBM Nol Persen Mulai Rp 205 Jutaan

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan Product Improvement (PI), berupa tambahan fitur baru untuk Terios.

Editor: Sanusi
Lita Febriani/Tribunnews.com
Daihatsu Terios Eco Idle Rilis saat dipamerkan di Kantor Pusat Daihatsu, Jakarta Utara, Jumat (17/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan Product Improvement (PI), berupa tambahan fitur baru untuk Terios.

Fitur baru yang dibenamkan ke Terios ialah Eco Idle atau di pabrikan kendaraan lain biasa disebut Idle Stop System (IDS) atau juga Auto Start/Stop.

Fitur ini berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti dengan tujuan menghemat konsumsi bahan bakar, mengurangi tingkat emisi gas buang, sehingga membuat kendaraan semakin ramah lingkungan.

Baca juga: Agya dan Calya Bakal Kena PPnBM 3 Persen, Toyota Siapkan Harga Terbaru

Fitur Eco Idle pada Terios dapat diaktifkan atau pun dinonaktifkan oleh pelanggan sesuai dengan kebutuhannya.

Berdasarkan hasil pengetesan konsumsi bahan bakar oleh tim RnD Daihatsu pada berbagai kondisi jalan, ditambah pengujian di fasilitas Test Course R&D Center Daihatsu di Indonesia, penyematan fitur Eco Idle pada Terios mampu menghemat bahan bakar hingga 10 persen.

Hasil pengetesan dipengaruhi berbagai faktor seperti kondisi lingkungan, penggunaan jenis bahan bakar dan cara berkendara.

Baca juga: Honda Masih Hitung Harga Baru Brio Satya Jika Kena PPnBM 3 Persen Mulai Oktober

"Kita lakukan test untuk Terios ini di Jakarta, karena kita tahu bagaimana macetnya Jakarta, kemudian di Bandung. Ini bisa menghemat bahan bakar hingga 10 persen. Jadi benar-benar hemat bahan bakar. Eco Idle ini bekerja ketika kecepatannya 0 km/jam, tuas transmisi di D dan pedal rem diinjak," tutur Chief Shiga Technical Center PT Astra Daihatsu Motor Yasuo Sahashi, saat pengenalan Terios Eco Idle di Kantor Pusat Daihatsu, Jakarta Utara, Jumat (17/9/2021).

Selain fitur tersebut, Daihatsu juga melengkapi Terios varian X dengan fitur keselamatan terkini agar berkendara menjadi lebih aman.

Baca juga: Kabar Baik, Diskon PPnBM Kendaraan Bermotor 100 Persen Diperpanjang Hingga Akhir 2021

Fitur tersebut seperti VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi mencegah over steer dan under steer ketika berbelok, serta HSA (Hill Start Assist) untuk mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan dengan memberi waktu beberapa detik untuk memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas, sehingga pengemudi tidak khawatir mobil akan mundur.

Dengan hadirnya fitur canggih yang ditambahkan, membuat kendaraan Compact SUV berkapasitas 7 penumpang ini diklaim semakin cocok untuk pelanggan yang aktif dengan beragam aktivitas harian mereka.

Baca juga: Siap-siap, Mulai Oktober Harga Mobil LCGC Bakal Kena PPnBM 3 Persen

Daihatsu Terios Eco Idle mengusung tagline Sahabat Petualang tersedia dalam 9 varian, mulai dari varian X, R dan R Custom.

Dengan skema PPnBM nol persen, Daihatsu Terios Eco Idle tipe X dibanderol dengan harga Rp 205,1 juta untuk transmisi manual dan transmisi matic Rp 224,3 juta.

Daihatsu Terios Eco Idle Rilis saat dipamerkan
Daihatsu Terios Eco Idle Rilis saat dipamerkan di Kantor Pusat Daihatsu, Jakarta Utara, Jumat (17/9/2021).

Untuk tipe R, ADM menawarkan ke konsumen dengan harga Rp 234,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 243,7 juta untuk transmisi matic.

Sementara untuk Daihatsu Terios Eco Idle tipe R Custom dijual mulai Rp 246,4 juta untuk transmisi manual dan Rp 255,6 juta untuk transmisi matic.

"Kami berharap, kehadiran fitur kekinian pada Terios ini dapat memberikan nilai tambah demi kepuasan pelanggan. Sebagai Sahabat Petualang, Daihatsu Terios cocok digunakan untuk aktivitas keseharian di berbagai kondisi jalan di Indonesia," ungkap RnD Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved