Breaking News:

Mobil Listrik

Kendaraan Militer Bertenaga Listrik Buatan Lokal Juga Unjuk Gigi di IEMS 2021

E-Tactical Stealth Trail merupakan sepeda motor listrik khusus yang bisa digunakan dalam operasi militer.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
Tribunnews/Lita
E-Tactical Stealth Trail di pameran IEMS 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - PT Len Industri (Persero) ikut serta dalam pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di Puspiptek, Serpong, Tangerang, Banten, dengan memamerkan E-Tactical Stealth Trail.

E-Tactical Stealth Trail namanya. Ini adalah sepeda motor listrik khusus yang bisa digunakan dalam operasi militer. Prototipe motor listrik merupakan hasil desain anak bangsa.

Kendaraan taktikal sangat diperlukan untuk mendukung kerja operasi pasukan khusus di jalanan hutan yang terjal dan berkelok, serta dengan konsep operasi senyap.

E-Tactical Stealth Trail dilengkapi dengan Radio Taktikal LenSTRAD-M5 (Hand-held) dan Battlefield Management Systems (BMS).

Perangkat dan sistem tersebut merupakan komunikasi suara dan data yang dapat memudahkan pertukaran data lokasi sebaran pasukan dan ditampilkan dalam geografis wilayah misi operasi, sehingga mendukung adanya interoperability antar matra.

Baca juga: Dukung Elektrifikasi, DFSK Gelora E Jadi Armada Mobil Listrik Damri, Ini Foto-fotonya

Direktur Teknologi PT Len Industri Tazar Marta Kurniawan menjelaskan, kali ini perusahaannya berkolaborasi dengan PT Eltran Indonesia (anak perusahaan Len) membuat terobosan baru mengembangkan motor listrik yang senyap, lincah, handal dan tangguh di semua medan.

Baca juga: Damri Uji Coba Bus Listrik di Bandara Soekarno-Hatta

"Motor trail ini juga akan dilengkapi dengan firur-fitur lain yang disesuaikan dengan misi operasinya," tutur Tazar, Kamis (25/11/2021).

Tazar mengklaim perusahaannya sudah memiliki pengalaman dan kemampuan dalam penguasaan teknologi Power Electronic.

Antara lain, battery management system, inverter, battery pack dan motor listrik, dilengkapi dengan solusi charging station, radio komunikasi taktikal, hingga battlefield management system.

Hal ini menjadikan PT Len Industri sebagai perusahaan yang mampu menyediakan ekosistem kendaraan listrik ini secara menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan user.

"Prototipe motor listrik karya anak bangsa ini memiliki spesifikasi speed offroad, jadi cocok untuk berbagai medan operasi," imbuhnya. 

Dengan solusi yang terintegrasi dan menyeluruh, PT Len Industri dapat mendorong dan mendukung operasi militer TNI yang Smart dan Green Military. 

Selain E-Tactical Stealth Trail, Len juga memperkenalkan produk unggulan lainnya, seperti Solar Kit 1st Generation (PLTS On-Grid Portable) dan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) AC Charging Station 22 kW dan 7 kW di pameran IEMS 2021 kali ini.

Dalam agenda pameran ini, Len juga menyerahkan SPKLU hasil pengembangan bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Len kepada BRIN.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved