Survei OLX Autos: Pasar Mobil Bekas Menuju Tren Pemulihan

Berdasarkan riset OLX Autos, pasar mobil bekas dalam negeri diprediksi bertumbuh 2 sampai 3 persen pada tahun ini.

Editor: Choirul Arifin
IST
CEO OLX Autos Indonesia Johnny Widodo (kiri) bersama influencer Bintang Emon. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasar mobil bekas di Tanah Air terus menunjukkan pergerakan ke arah yang positif kendati masih dipengaruhi oleh pandemi Covid-19.

Hasil survei OLX Autos pada akhir 2021 menunjukkan, minat masyarakat membeli mobil masih cukup tinggi.

Alasan utama sebagian besar pelanggan membeli mobil bekas adalah untuk upgrade ke mobil yang lebih baru, di mana sekitar lebih dari 70 persen konsumen menggunakan platform online sebagai sumber informasi utama untuk memeriksa harga mobil.

Dalam survei ini sebanyak 71 persen pembeli menyatakan sudah menetapkan anggaran dan terbuka untuk berbagai merek yang cocok dan sesuai dengan budget.

Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 ini preferensi penggunaan kendaraan pribadi menjadi lebih tinggi.

Berdasarkan data OLX Autos, per kuartal IV/2021, sekitar 39 persen responden menjadikan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi utama, dibandingkan dengan sebelum pandemi yang hanya sebesar 33 persen.

Baca juga: Aset Doni Salmanan Mulai Disita, Mobil Porsche hingga Motor Mewah di Padalarang Diangkut Polisi

Johnny meramalkan pasar mobil bekas pada tahun ini bakal bertumbuh. Berdasarkan riset OLX Autos, pasar mobil bekas dalam negeri diprediksi bertumbuh 2 sampai 3 persen pada tahun ini.

Sementara, jenis mobil yang paling banyak dijadikan pilihan masyarakat diprediksi tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, yaitu Toyota Avanza, Toyota Innova, Honda Brio, Honda Jazz, dan Honda CRV.

Baca juga: Pilihan Promo Menarik dari Hyundai Suzuki dan Mitsubishi di Jakarta Auto Week 2022

"Hal ini membuat OLX Autos semakin berupaya untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ini," ungkap Johnny Widodo di acara diskusi virtual dengan media, Selasa (15/3/2022). 

Untuk itu pihaknya menggulirkan kampanye #PilihYangPasti untuk memberikan jaminan ke masyarakat yang mencari kepastian saat membeli mobil bekas.

Baca juga: SUV Chery Tiggo, Sang Macan yang Siap Kembali Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved