Tesla Diam-Diam Bangun Pembangkit Listrik Virtual di Jepang 

Tesla Inc telah memasang baterai Powerwall di rumah-rumah warga Jepang di Pulau Miyako-jima, sejak tahun 2021.

vox.com
Baterai Powerwall buatan Tesla inc. 

 
Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tesla Inc telah memasang baterai Powerwall di rumah-rumah warga Jepang di Pulau Miyako-jima, sejak tahun 2021.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada pekan lalu, Tesla mengatakan hingga saat ini sudah ada 300 unit baterai Powerwall yang terpasang di pulau tersebut.

Perusahaan milik Elon Musk tersebut mengklaim ini adalah pembangkit listrik virtual komersial terbesar di Jepang.

Melansir dari The Verge, pembangkit listrik virtual (VVP) memanfaatkan panel surya dan baterai Powerwall lithium-ion keluaran Tesla yang terpasang di rumah.

Kekuatan yang dihasilkan oleh sistem individual tersebut akan menyediakan listrik ke tempat pemasangannya. Selain itu, sistem akan mengirim daya ekstra ke jaringan untuk didistribusikan ke daerah lain sesuai kebutuhan.

Pembangkit listrik virtual yang dikembangkan Tesla di Miyako-jima, didasarkan pada program yang dijalankan perusahaan energi lokal Miyakojima Mirai Energy Co, yang menyediakan pemasangan panel surya dan baterai penyimpanan gratis

Tesla sudah memiliki pembangkit listrik virtual yang beroperasi di California, Amerika Serikat dan Australia. Perusahaan otomotif ini juga mulai mengembangkan VVP di Texas.

Baca juga: Elon Musk Sebut Perangkat Lunak Self Driving Tesla Bakal Rilis Akhir Tahun Ini

Penduduk di Pulau Miyako-jima sering mengalami pemadaman listrik saat topan menerjang pulau tersebut. Baterai Powerwall telah membantu listrik di rumah mereka tetap menyala meskipun sedang dilanda badai.

“Saat angin topan, lampu tersedia, lemari es bisa digunakan seperti biasa,” kata seorang penduduk dalam video yang diposting Tesla.

Baca juga: Elon Musk: Mobil Listrik Tesla akan Terhubung ke Satelit Internet Starlink

Tesla mengatakan pihaknya berencana memasang 400 unit Powerwall pada akhir tahun ini dan 600 unit di akhir tahun 2023. Perusahaan ini juga berencana memperluas pemasangan baterai ke seluruh Prefektur Okinawa, Jepang.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved