BBM Bersubsidi

Pengamat: Harga BBM Naik, Minat Orang Beli Sepeda Motor Listrik Akan Meningkat

Kenaikan harga Pertalite diyakini akan mendorong semakin banyak orang membeli sepeda motor listrik.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
ist
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menjajal sepeda motor listrik Gesits. Kenaikan harga Pertalite diyakini akan mendorong semakin banyak orang membeli sepeda motor listrik. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat otomotif dan akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menilai kenaikan harga BBM akan berdampak positif terhadap penjualan sepeda motor listrik di Indonesia.

"Tren penjualan motor listrik pasti akan melonjak akibat dampak kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Sepeda motor listrik dapat menjadi salah satu solusi inovatif masyarakat dalam menyikapi kenaikan harga BBM akibat subsidinya berangsur-angsur dihapus pemerintah," tutur Yannes kepada Tribunnews, Senin (5/9/2022).

Perawatan sistem penggerak pada sepeda motor listrik yang jauh lebih mudah daripada motor BBM konvensional, juga menjadi keunggulan lain yang dapat menjadi pilihan masyarakat.

Selain lebih hemat, dengan semakin maraknya penggunaan sepeda motor listrik juga akan menjadi solusi yang ramah lingkungan.

"Sepeda motor listrik memiliki keunggulan pada murahnya biaya operasional dalam penggunaan energinya," ujarnya.

"Rerata sepeda motor listrik hanya membutuhkan sekitar 20 persen dari energi yang dibutuhkan sepeda motor BBM dengan power yang setara untuk menempuh jarak yang sama," jelas Yannes.

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik Gesits September 2022 di 34 Provinsi

Yannes menambahkan, program kenaikan harga BBM kedepannya justru akan menguntungkan program percepatan beralihnya masyarakat ke sepeda motor listrik.

"Lagi pula, pemerintah sempat berencana untuk menjadikan 131 juta sepeda motor listrik di Indonesia secara bertahap hingga 10 tahun ke depan," ungkapnya.
 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved