Akselerasi Pembangunan Infrastruktur EV, Peta Sebaran SPKLU dan Insentif Konversi Disiapkan 

Di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten jumlah kendaraan listrik saat ini mencapai sekitar 13.262 berdasar data sampai dengan April 2022.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
IST
Accelerating Battery-Electric Vehicle: Indonesia National Workshop, Rabu (21/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, Pemerintah berusaha menyediakan berbagai infrastruktur pengisian daya berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Analis Kerja Sama Direktorat Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Supriyadi mengatakan mulai 2021 hingga 2030 mendatang, pemerintah telah menyiapkan berbagai rencana pembangunan infrastruktur.

"Aada berbagai daerah yang sudah kita pasang. Saat ini Indonesia mempunyai 332 SPKLU dan 369 SPBKLU. Ini belum termasuk yang dipasang oleh masing-masing dari pemegang merk,' ujarnya di acara Accelerating Battery-Electric Vehicle: Indonesia National Workshop, Rabu (21/9/2022).

Di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten jumlah kendaraan listrik saat ini mencapai sekitar 13.262 berdasar data sampai dengan April 2022.

Vice President Pengembangan Teknologi PLN Trihadimasyar menambahkan pihaknya sudah memiliki peta jalan untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan SPKLU.

"Kebutuhan untuk charging station itu dengan rasio 10 kendaraan listrik akan dihandel oleh satu SPKLU," ujarnya.

Estimasi kedua, kita melihat keperluan level dari charging yang dibutuhkan yaitu fast charging dan medium charging.

Baca juga: Antam Bentuk Anak Usaha Baru di Bisnis Baterai Kendaraan Listrik

"Selanjutnya kita melihat total kebutuhan nasional ini bukan hanya yang akan dibangun oleh PLN, tetapi juga oleh badan usaha lainnya. Jadi secara nasional kita melihat peta jalan pertumbuhan kendaraan listrik pada 2030 itu sekitar 254.181 unit dengan jumlah SPKLU 24.720 unit," jelas Tri.

PLN tidak akan bisa membangun infrastruktur sendiri. Selain akan membangun secara mandiri, juga akan menggandeng pihak ketiga untuk menciptakan ekosistem bagi pembangunan dan mempercepat penyebaran SPKLU secara nasional.

Baca juga: Kendaraan Listrik Makin Banyak Peminat, PLN Gencar Tawarkan Kemitraan SPKLU

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved