Tesla Serius Kembangkan Ribuan Robot Humanoid untuk Dipekerjakan di Pabriknya

Tesla mengumumkan sedang mencari programmer berpengalaman untuk mengembangkan perangkat lunak Robot Optimus.

IST
Logo Tesla. Produsen mobil listrik ini secara khusus merekrut programmer untuk mengembangkan robot humanoid yang diberi nama Tesla Bot atau Optimus. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Tesla Inc telah mengerahkan sejumlah sumber daya dan upayanya serta menunda beberapa proyek untuk mengembangkan robot humanoidnya.

Produsen mobil listrik ini secara khusus merekrut programmer untuk mengembangkan robot humanoid yang diberi nama Tesla Bot atau Optimus. Tesla berharap dapat mempekerjakan ribuan robot humanoid di pabriknya.

Melansir dari Inside EVs, Tesla tidak mengatakan secara pasti kapan rencana tersebut akan terwujud.

Baca juga: Ada Masalah pada Power Window, Tesla Tarik 1,1 Juta Kendaraan di Amerika Serikat

Namun dalam daftar "pekerjaan baru" di situs resminya, perusahaan milik Elon Musk ini mengumumkan sedang mencari programmer berpengalaman untuk mengembangkan perangkat lunak Robot Optimus.

Secara terbuka, perusahaan ini mengakui mereka berencana menggunakan ribuan robot humanoid untuk mengerjakan "tugas-tugas" di pabriknya di masa-masa mendatang.

"Di jalur untuk membangun robot humanoid dalam skala besar untuk mengotomatisasi tugas yang berulang dan membosankan. Inti dari Tesla Bot, adalah perencanaan gerak yang menghadirkan peluang unik untuk mengerjakan algoritma canggih untuk perencanaan gerak dan navigasi yang berpuncak pada penerapannya ke aplikasi produksi dunia nyata. Yang terpenting, Anda akan melihat pekerjaan Anda berulang kali dikirim dan digunakan oleh ribuan Robot Humanoid di dalam pabrik kami," kata Tesla dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut.

Dalam waktu kurang dari seminggu, perusahaan ini akan mengadakan acara yang disebut Tesla AI Day untuk kedua kalinya pada 30 September 2022.

Diyakini Tesla akan mengungkapkan prototipe robot humanoid Optimus dalam acara tersebut. Meskipun kabar ini banyak bermunculan di masa lalu, namun Tesla tidak pernah mengonfirmasinya secara resmi.

Dalam sebuah tweet awal Juni lalu, Elon Musk mengumumkan alasan mengapa Tesla AI Day #2 ditunda dari tanggal awal yang direncanakan pada 19 Agustus menjadi 30 September.

Musk mengatakan pengunduran tanggal ini akan memberi waktu Tesla menyiapkan prototipe Optimus untuk demonstrasi publik. Tesla juga akan memamerkan kemajuan terbarunya dalam kecerdasan buatan, seperti Full Self-Driving, superkomputer Dojo dan banyak lagi.

Baca juga: Siap Bersaing dengan Tesla Model 3, Changan Automobile Luncurkan Sedan Listrik Shenlan SL03

"Tesla AI Day didorong hingga 30 September, karena kami mungkin memiliki prototipe Optimus yang berfungsi saat itu," tulis Musk dalam tweet-nya awal Juni lalu.

Robot Optimus pertama kali diperkenalkan pada ajang tesla AI Day 2021. Optimus adalah robot seukuran manusia yang dapat melakukan tugas-tugas manusia seperti berbelanja bahan makanan.

Menurut presentasi Elon Musk dalam ajang Tesla AI Day 2021, Optimus memiliki tinggi 173 cm dan berat 57 kg.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved