Rifat Sungkar Bagikan Tips Berkendara Efisien Agar Konsumsi BBM Jadi Lebih Irit

Jika pengemudi berkendara dengan efisien maka informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak maka informasi ECO akan hilang.

Penulis: Lita Febriani
JÉSHOOTS.COM
ILUSTRASI berkendara mobil. Pengemudi harus menjaga kecepatan konstan, memanfaatkan engine brake, memeriksa tekanan angin ban dan menggunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat para pemilik kendaraan harus putar otak untuk menghemat pengeluaran.

Banyak yang beralih menggunakan transportasi publik, namun tak sedikit pula yang tetap memakai kendaraan pribadi untuk mendukung aktivitas.

Saat menggunakan kendaraan pribadi, pilihannya ialah kita harus memaksimalkan berbagai fitur yang sudah dibenamkan untuk menghemat bahan bakar.

Baca juga: Ngantor Lebih Hemat, Simak 5 Tips Irit BBM untuk Motor Kamu!

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah melengkapi mobil penumpang mereka dengan fitur Eco Indicator yang dinamakan Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter.

Fitur ini sangat berguna untuk memandu pengemudi mendapatkan gaya berkendara yang lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan. 

Eco Drive Meter dan Eco Drive Assist ada di display panel meter yang digambarkan dengan simbol daun di tiga mobil berikut, yakni Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross dan Mitsubishi Pajero Sport.

Selain itu, ada informasi yang tertulis ECO. Jika pengemudi berkendara dengan efisien maka informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak maka informasi ECO akan hilang.

Semakin efisien berkendara maka bagian dalam daun yang semula kosong akan terisi dengan warna hijau. Jika seluruh daun terisi hijau maka gaya berkendara dipastikan benar-benar efisien.

Baca juga: Bukan Matikan AC, Begini Cara Mudah Bikin Mobilmu Irit BBM

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia Rifat Sungkar, menjelaskan jika pengemudi berkendara efisien, informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak, tulisan ECO akan hilang.

"Lalu, semakin efisien berkendara, tampilan daun yang semula kosong akan terisi dengan warna hijau. Saat seluruh daun terisi hijau, maka gaya berkendara dipastikan benar-benar efisien. Eco Meter dan Eco Drive Assist sangat berguna di tengah kondisi harga bahan bakar minyak yang semakin mahal," tutur Rifat dalam keterangan resmi.

Selain memanfaatkan fitur Eco Indicator, Mitsubishi juga membagikan beberapa tips untuk menerapkan eco driving agar konsumsi BBM jadi lebih irit, seperti tidak perlu memanaskan mesin, mengurangi pengggunaan AC dan tidak melakukan akselerasi tiba-tiba.

Selain itu, pengemudi juga harus menjaga kecepatan konstan, memanfaatkan engine brake, memeriksa tekanan angin ban dan menggunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved