PT TKDN Kerja Sama dengan New Armada, Kenalkan Teknologi Canggih untuk Keselamatan Bus

Teknologi canggih milik PT TKDN ialah TAM Fleet (TKDN Advance Mobility Fleet) dan nantinya akan terpasang di unit bus milik New Armada.

HO
PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) menjalin kemitraan dengan Karoseri New Armada dengan penyematan teknologi keselamatan canggih di bus di pameran Busworld Southeast Asia 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) menjalin kemitraan dengan Karoseri New Armada dengan penyematan teknologi keselamatan canggih untuk dipasang di bus buatan perusahaan asal Magelang, Jawa Tengah, tersebut.

Peresmian kolaborasi ini dilakukan di event Busworld Southeast Asia 2022, yang digelar pada 5-7 Oktober 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Sesuai dengan slogan yang diusung, 'Empowering Management Through Technology', PT TKDN mendukung pentingnya keselamatan armada demi peningkatan kualitas layanan melalui pemanfaatan teknologi berbasis IoT dan AI yang terintegrasi," tutur Direktur Utama PT TKDN David Santoso, Rabu (5/10/2022).

Teknologi canggih milik PT TKDN ialah TAM Fleet (TKDN Advance Mobility Fleet). Nantinya akan terpasang di unit bus milik New Armada, yaitu perangkat IoT MDVR, CCTV, Blind Spot Detection, Advance Driver Assistant System, Driver Safety Monitoring, Multi Touch panel dan Blackbox.

Baca juga: Intip Keunikan Desain Bus Skylander R22 Bikinan Karoseri New Armada Magelang

Masing-masing perangkat tersebut terintegrasi dalam sistem solusi management transit dan dilengkapi teknologi IoT terkini yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan yang terbukti meningkatkan keselamatan armada, penumpang dan pengemudi.

Perangkat yang dipamerkan di Busworld Southeast Asia 2022, yaitu Driver Safety Monitoring (DSM).

Teknologi ini dapat memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Ada pula perangkat Blind Spot Detection yang menggunakan 3D depth camera with AI, yang mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan disekitar armada dengan keakuratan mencapai 95 persen, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Perangkat lain dari TAM Fleet seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan ataupun jika terjadi potensi tabrakan depan.

Pada ajang Busworld Southeast Asia 2022, New Armada juga mengenalkan produk terbarunya, yaitu Citouro Medium City dan Luxury Big Bus Skylander R22.

Baca juga: Teknologi Karya Digital Nusa Gandeng Pemprov Bali Tingkatkan Sistem Transportasi Jelang G20

Khusus Citouro Medium City Bus, hadir dengan keseluruhan desain "Modern and Dynamic Look" untuk menunjang dunia yang semakin modern dan dinamis.

Tampilnya yang stylish dengan nuansa keseluruhan modern disertai "new headlight design" menambah kesan confidence pada siapapun yang melihat pada area fascia depan.

Pada area samping tampil berbeda dengan side window graphic yang menyiratkan kesan dinamis sehingga area fascia belakang, disertai LED light side untuk menonjolkan keseluruhan kesan modern sebagai "Urban Transportation".

Tak hanya meningkatkan kualitas tampilan, Citouro Medium City Bus pun dilengkapi juga dengan teknologi TAM Fleet untuk meningkatkan kualitas layanan, serta keselamatan armada dengan meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

"Kami berharap kerjasama ini semakin memperkuat New Armada dalam kontribusinya meningkatkan kualitas layanan yang dapat berdampak pada hidup masyarakat Indonesia," Managing Director New Armada Charles Hugo Wahyadiyatmika.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved