Afi Penulis Warisan: Saya Dianggap Liberal, Sekuler, dan Tidak Berpihak kepada Islam

Setelah tulisannya berjudul 'Warisan' menjadi viral, siswi SMA Asa Firda Inayah alias Afi Nihaya Faradisa diundang dalam Program Rosi, Kompas TV, Sela

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah tulisannya berjudul 'Warisan' menjadi viral, siswi SMA Asa Firda Inayah alias Afi Nihaya Faradisa diundang dalam Program Rosi, Kompas TV, Selasa (30/5/2017) malam.

Dalam talk show ini, remaja asal Banyuwangi itu mengungkap kisah alasannya membuat tulisan berjudul Warisan.

Suasana berbangsa yang belakangan panas dan nyaris tercerai berai karena isu SARA, menggerakkan dirinya memposting tulisan berjudul Warisan di dunia maya.

"Latar belakang saya menulis karena melihat kondisi lingkungan saya yang nyaris tercerai berai, yang suasananya panas, baik di dunia media sosial maupun nyata karena isu SARA," kisah Afi, sapaan Asa Firda Inayah yang baru lulus bangku sekolah menengah atas ini.

Panasnya perhelatan Pilkada DKI Jakarta, bagi Afi kelihatannya juga menjalar ke daerah, termasuk di Banyuwangi, tempatnya tinggal.

Dia merasakan dan melihat sendiri, bagaimana isu SARA yang dihembuskan berdampak pada pertemanannya sendiri.

"KTP-nya Banyuwangi, bukan Jakarta. Ribut soal pilkada Jakarta," ujar Afi.

Remaja asal Banyuwangi mengaku sering mendapat ancaman pascastatusnya di akun Facebooknya viral dan disukai banyak orang.

Ancaman itu datang dari kotak masuk perpesanan di Facebook-nya dan telepon dari orang tidak dikenal.

"Saya dianggap sebagai liberal, sekuler dan tidak berpihak kepada Islam," kata siswi kelas III SMA Negeri 1 Gambiran, Banyuwangi itu saat ditemui di Kota Malang, Jumat (19/5/2017).

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Samuel Febrianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved