Ganjar Bandingkan Gaji Lulusan SMKN Jateng dengan Lulusan UI

Para lulusan tidak perlu repot-repot mencari pekerjaan, karena sebelum mereka diwisuda telah banyak perusahaan yang melamar

Ganjar Bandingkan Gaji Lulusan SMKN Jateng dengan Lulusan UI
ISTIMEWA
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kuliah umum di Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI) di Balairung UI Depok, Senin (19/8) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lulusan SMKN Jateng saat ini tersebar di puluhan perusahaan ternama tanah air dengan gaji berkisar Rp 9 juta hingga Rp 25 juta.

Karena hal itu, saat memberi Kuliah Umum di Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI) di Balairung UI Depok, Senin (19/8) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melempar candaan mestinya lulusan Universitas Indonesia memperoleh gaji di atas Rp 8 juta.

Saat ini SMKN Jateng telah meluluskan 354 orang yang terbagi dalam tiga angkatan sejak tahun awal berdiri pada 2014 silam dari 9 program keahlian.

Sekolah tersebut memiliki tiga kampus di tiga kota yang dimiliki ciri khas masing-masing.

Untuk ahli permesinan merupakan ciri khas kampus Semarang, ahli pengelasan ciri khas dari kampus Purbalingga dan Pertanian merupakan ahli dari kampus Pati.

Ganjar mengatakan, 81 persen dari mereka saat ini telah bekerja di perusahaan-perusahaan ternama tanah air.

Para lulusan itu bahkan tidak perlu repot-repot mencari pekerjaan, karena sebelum mereka diwisuda telah banyak perusahaan yang "melamar". PT Komatsu, PLN, PT Hitachi, PT BUMA sampai Indonesia Power telah jadi "langganan" tetap para lulusan.

Baca: Ganjar Pranowo dan Tri Rismaharini Disebut Bakal Jadi Menteri Jokowi, Apa Jawaban Puan Maharani?

"Bahkan ada tiga perusahaan yang membuka kelas di kita (SMKN Jateng) dan langsung masuk kerja di sana," kata Ganjar di hadapan 8.546 mahasiswa baru UI.

Tiga perusahaan yang dimaksud Ganjar adalah PT Cogindo Daya Bersama ( Indonesia Power) PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), dan PLN.

Bahkan PT Komatsu Undercarriage Indonesia saat ini juga tengah persiapan turut membuka kelas.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved