Breaking News:

Virus Corona

Belajar dari Rumah Dinilai Tidak Efektif, Perlu Terobosan Atasi Kejenuhan Siswa

Anggota DPR Saiful Huda mendesak Kemendikbud melakukan terobosan untuk menghilangkan kejenuhan para siswa.

TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Selama wabah Covid-19 masih berlangsung dan belum ada tanda-tanda mereda, seluruh aktivitas umumnya dilakukan di rumah melalui sistem dalam jaringan (daring), tidak terkecuali pendidikan yang ikut terkena dampak wabah Covid-19. Hal ini tidak menyurutkan semangat belajar mengajar seperti di SMP IT PAPB Semarang, Senin (27/04/20). Kondisi ini diharapkan tidak sampai mematahkan semangat belajar siswa-siswi, karena pendidikan untuk mereka tetap menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan bersama. Dalam program ini, setiap sesi akan dibimbing oleh seorang guru dengan jumlah siswa untuk memastikan efektifitas kegiatan belajar. Selain itu, tersedia juga berbagai materi yang interaktif sehingga proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah untuk dipahami. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sudah dua bulan para pelajar melakukan proses belajar di rumah melalui online. Proses belajar di rumah lama-lama tentu mengalami kejenuhan di kalangan para pelajar.

Anggota DPR Saiful Huda mendesak Kemendikbud melakukan terobosan untuk menghilangkan kejenuhan para siswa.

Plt Dirjen PAUD Dikdasdikmen Hamid Muhammad mengungkapkan, pihaknya telah melakukan beberapa kebijakan terkait pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) di tengah pandemi corona.

Menurut Hamid, diperlukan optimalisasi program dari Kemendikbud oleh dinas pendidikan daerah agar anak-anak tidak jenuh dalam menjalani belajar dari rumah.

"Beberapa kebijakan sudah dilakukan Kemendikbud. Tinggal optimalisasi pelaksanaan di lapangan," ucap Hamid kepada Tribunnews.com, Senin (27/4/2020).

Hamid menyebutkan, dinas pendidikan memiliki kewenangan untuk menjalani program-program yang telah diberikan oleh Kemendikbud.

Katanya, banyak program-program dari Kemendikbud yang dapat dioptimalkan agar anak tidak merasa jenuh selama di rumah.

"Optimalkan pembelajaran online melalui Rumah Belajar dan mitra online, pembelajaran semi online, termasuk BDR melalui TVRI, dan pembelajaran offline untuk daerah yang tidak terjangkau internet dan siaran TVRI," tutur Hamid.

Baca: Moeldoko Salurkan Bantuan USG Paru Hingga 13.000 Masker ke RS Darurat Wisma Atlet

Tidak Efektif

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta Kementerian Kemendikbud membuat terobosan belajar bagi anak sekolah selama pandemi virus corona atau covid-19.

Halaman
12
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved