Breaking News:

Kemendikbud Janji Bagikan Laptop untuk Pembelajaran Jarak Jauh Tahun Depan

Nadiem mengatakan proses digitalisasi tersebut berupa pemberian gawai berupa kepada sekolah-sekolah.

Tribunnews/Jeprima
Siswa menggunakan fasilitas WiFi gratis saat mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh di Balai Warga Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2020). Kelurahan Kuningan Barat menyediakan fasilitas jaringan internet atau WiFi gratis yang dapat digunakan pelajar guna meringankan beban orang tua murid terkait kebutuhan kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Tribunnews/Jeprima 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan tahun depan pihaknya akan fokus pada program digitalisasi sekolah.

"Jadi tahun depan digitalisasi sekolah akan menjadi tema utama," ujar Nadiem dalam webinar Cerita di Kemenkeu Mengajar yang disiarkan channel Youtube Kemenkeu RI, Senin (26/10/2020).

Nadiem mengatakan proses digitalisasi tersebut berupa pemberian gawai berupa kepada sekolah-sekolah.

Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya membantu proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang mulai diterapkan selama pandemi Covid-19. Selain untuk PJJ, pengadaan laptop ini diharapkan dapat membantu kebutuhan pendidikan lainnya.

"Persiapan semua sekolah mempunyai gawai yaitu laptop. Laptop untuk bisa mengerjakan baik PJJ, maupun digitalisasi sekolah untuk mendapatkan pelatihan yang terbaik, kurikulum online dan lain-lain," ungkap Nadiem.

Baca juga: Nadiem: Tahun 2021 Perhitungan Dana BOS Bukan Berdasarkan Jumlah Siswa Lagi

Mantan CEO Gojek ini mengatakan pihaknya sedang mencari formulasi untuk menjalankan pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, dibutuhkan adaptasi yang berkesinambungan untuk menjalankan pendidikan di masa pandemi Covid-19. Meski belum dapat diprediksi, waktu pandemi Covid-19 ini akan berakhir.

Baca juga: Nadiem Klaim Kebijakannya Soal Pembagian Kuota Internet Dapat Perhatian dari Menteri Negara Lain

"Kita harus antisipasi bahwa masih akan berlanjut. Jadi kita harus mengantisipasi hal-hal, jangan mengira bahwa tiba-tiba aja akan hilang. Kita doakan pandemi akan berlalu, tapi kami harus siap. Itu adalah filsafat kita di di Kemendikbud," pungkas Nadiem. 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved