Breaking News:

Apa Itu Perjuangan Fisik dan Perjuangan Diplomasi? Berikut Contohnya

Simak pembahasan mengenai apa itu perjuangan fisik dan perjuangan diplomasi, lengkap beserta contohnya.

kemdikbud.go.id
Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta termasuk dalam perjuangan fisik. Berikut ini pembahasan mengenai apa itu perjuangan fisik dan perjuangan diplomasi, lengkap beserta contohnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini pembahasan mengenai apa itu perjuangan fisik dan perjuangan diplomasi.

Perjuangan para pahlawan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan dua cara, yakni perjuangan fisik dan diplomasi.

Perjuangan fisik dilakukan dengan mengandalkan kontak senjata, sementara perjuangan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan.

Baca juga: Apa Itu Mencair, Membeku, Menguap, Mengembun dan Menyublim? Berikut Pengertian dan Contohnya

Baca juga: Apa Itu Alat Musik Garantung? Berikut Asal, Bahan dan Cara Memainkannya

Perjuangan Fisik

Dikutip dari jurnal Perjuangan Lasykar Rakyat dalam Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Lampung Selatan tahun 1945, karya Dany Lapeba, dkk, disebutkan bahwa perjuangan fisik merupakan perjuangan yang dilakukan dengan menggunakan senjata atau mengandalkan kekuatan militer.

Selain itu, biasanya perjuangan fisik dapat menimbulkan banyak korban yang berjatuhan.

MEMPERINGATI BANDUNG LAUTAN API - Aksi peperangan yang menggambarkan perlawanan heroik pejuang, masyarakat dan pemuda Bandung menghadapi penjajah yang berusaha menguasai Bandung disajikan komunitas Musium Mandalawangi dan HVB Hystorial van bdg dalam memperingati Bandung Lautan Api di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (23/3). Acara tersebut diselenggarakan dalam rangkaian even
MEMPERINGATI BANDUNG LAUTAN API - Aksi peperangan yang menggambarkan perlawanan heroik pejuang, masyarakat dan pemuda Bandung menghadapi penjajah yang berusaha menguasai Bandung disajikan komunitas Musium Mandalawangi dan HVB Hystorial van bdg dalam memperingati Bandung Lautan Api di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (23/3). Acara tersebut diselenggarakan dalam rangkaian even "Bandoeng Laoetan Onthel III" yang berlangsung selama dua hari, 23-24 Maret 2013. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Berikut ini contoh perjuangan fisik, dikutip dari Materi Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan:

1. Pertempuran 10 November 1945

Pertempuran 10 November 1945 terjadi di Surabaya, yang kemudian setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Berawal dari tewasnya Jenderal Mallaby, pimpinan Sekutu. Adapun tokoh yang terlibat adalah Bung Tomo, Gubernur Suryo, dan Kolonel Sungkono.

2. Palagan Ambarawa

Halaman
1234
Penulis: Lanny Latifah
Editor: Citra Agusta Putri Anastasia
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved