Breaking News:

Aplikasi Pendidikan Ini Jadi Referensi Utama Siswa Cari Informasi Perguruan Tinggi dan Latihan Soal

Para siswa menggunakan aplikasi pendidikan digunakan untuk mencari kunci jawaban, mengakses materi pelajaran, dan konsultasi mata pelajaran

IST
Aplikasi Aku Pintar di smartphone. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aplikasi pendidikan terlengkap dan gratis di Indonesia, Aku Pintar berhasil meraih top 5 aplikasi belajar yang paling sering digunakan oleh para siswa.

Aku Pintar menjadi referensi utama para siswa sebagai tempat mencari informasi perguruan tinggi serta latihan soal (try out) untuk persiapan memasuki pendidikan tinggi.

Data tersebut berdasarkan Survei Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan yang dilakukan oleh Aku Pintar dan Katadata Insight Center pada 20-29 Maret 2021.

Survei ini mengambil sampel 1153 siswa usia 15-18 tahun yang berasal dari 32 propinsi di Indonesia.

Siswa yang disurvei berasal dari sekolah negeri (68,4%) dan swasta (31,6%), terdiri dari 49,4% laki-laki dan 50,6% perempuan.

Co Founder dan CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko mengungkapkan sejak awal, Aku Pintar memang berkomitmen menyediakan serangkaian fitur bagi siswa SMP dan SMA/SMK yang dapat membantu mereka untuk lebih mengenal diri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sehingga mampu memilih jurusan serta karir yang tepat di masa depan.

Baca juga: Laksana Tri Handoko Dipanggil Jokowi Sehari Jelang Pelantikan, Tiba-tiba Diminta Menjadi Kepala BRIN

“Masa depan anak sangat berharga, pemilihan sekolah dan jurusan menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan karier dan masa depan.

Oleh karena itu, Aku Pintar menyediakan beragam fitur secara gratis mulai dari rangkaian tes minat, bakat dan penjurusan, materi pembelajaran sampai informasi mengenai SMA dan kampus. Semua ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah mereka dalam menentukan jurusan dan karir yang tepat,” ujar Pebri, Selasa (22/6/2021).

Dari survei tersebut diketahui juga bahwa para siswa menggunakan aplikasi pendidikan digunakan untuk mencari kunci jawaban, mengakses materi pelajaran, dan konsultasi mata pelajaran.

Sebelum memilih jurusan di perguruan tinggi, siswa biasanya mengumpulkan informasi terlebih dahulu. Umumnya, siswa mencari informasi ini di media sosial (73%), website perguruan tinggi (54,6%), alumni (37,3%), dan aplikasi pendidikan (34,7%).

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved