Breaking News:

Mahasiswa Mahasiswi Baru Universitas Pancasila Diajarkan Nilai Budaya, Etika hingga Bijak Bermedsos

Pembelajaran daring tidak selalu mudah untuk semua pihak, terutama mahasiswa baru yang belum mengenali sistem perkuliahan dan lingkungan kampus

Universitas Pancasila
Universitas Pancasila 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Pancasila telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Pancasila (PKKMB UP) 2021. Kegiatan yang berlangsung 6-10 September itu bertema 'Mewujudkan Mahasiswa Universitas Pancasila yang Memiliki Keluhuran Akhlak, Kedalaman Ilmu, Cinta Tanah Air dan Berdaya Saing Global Di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka'.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia sekaligus Wakil Rektor III Universitas Pancasila Joko Hartarto menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan juga kehadiran para orang tua dalam acara open house virtual. Joko juga memberikan selamat atas keberhasilan para mahasiswa baru yang telah melewati persaingan ketat untuk meraih tempat belajar di kampus.

"Pelaksanaan PKKMB kali ini terasa istimewa karena saat ini, kita masih dalam keprihatinan bersama dengan masih berada dalam masa pandemi Covid-19. Namun, kegiatan pelaksanaan PKKMB tetap berjalan sesuai dengan harapan dan telah dilaksanakan dengan lancar dan tertib," ujar Joko, dalam keterangannya, Minggu (12/9/2021).

Joko menyebut Universitas Pancasila menyadari bahwa pembelajaran daring tidak selalu mudah untuk semua pihak, terutama mahasiswa baru yang belum mengenali sistem perkuliahan dan lingkungan kampus.

Oleh karena itu, dalam waktu yang singkat yakni selama 5 hari, panitia pelaksana berusaha untuk memberikan Informasi selengkap-lengkapnya.

Baca juga: Staf Khusus BPIP Soroti Kasus Bocah Korban Pesugihan: Bertentangan dengan Pancasila

Materi yang diberikan adalah Membangun Peran dan Kesadaran Kehidupan Berbangsa Bernegara Generasi Z yang merupakan generasi mahasiswa baru saat ini, agar mereka mengenali karakteristik mereka sendiri saat kuliah.

Kemudian diberikan materi mengenai Perguruan tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Kerangka Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Materi selanjutnya lengenalan nilai budaya, etika, tata krama, plagiarisme, pencegahan pelecehan seksual di kampus, penyalahgunaan narkoba, dan anti korupsi serta terampil dan bijak berkomunikasi melalui media sosial.

"Mahasiswa diminta mengenali ciri-ciri kekerasan dalam pacaran dan juga dalam media sosial, sehingga dapat terhindar menjadi korban," katanya.

"Materi yang tak kalah pentingnya adalah menjadi green generation, yaitu generasi yang peduli terhadap lingkungan dengan tema Green Campus For Sustainable Life and Best Future, terdapat pula materi Program Kreativitas, Inovasi Mahasiswa dan Kemahasiswaan serta Menggali Potensi di Masa Pandemi Mahasiswa baru juga diajak berkenalan dengan para pimpinan di fakultas masing-masing dan mendapat informasi mengenai sistem perkuliahan," imbuhnya.

Joko mengatakan terdapat pula video tur kampus dan layanan dari lembaga-lembaga yang ada di UP. Dengan demikian mahasiswa baru diharapkan dapat membayangkan aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di kampus. Tak hanya itu para mahasiswa baru pun mendapatkan informasi mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Pancasila.

"Tentunya segenap pimpinan, dosen, karyawan dan juga mahasiswa sangat menantikan pertemuan dengan para mahasiswa baru secara langsung. Namun demikian pada proses adaptasi ini kita semua memang harus dapat menari dengan perubahan yang terus terjadi. Oleh karena itu sekali lagi selamat kepada para mahasiswa baru yang telah berhasil meraih status maha atas kesiswaan diri anda sekalian, serta selamat karena telah menjadi bagian dari sivitas akademika Universitas Pancasila," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved