Breaking News:
Timnas Jerman

Manuel Neuer Masuk Skuat Timnas Jerman Karena Memuaskan Joachim Loew

Manuel Neuer Masuk Skuat Timnas Jerman Karena Memuaskan Joachim Loew
espn
Manuel Neuer 

TRIBUNNEWS.COM, MUENCHEN - Keputusan Joachim Loew, pelatih tim nasional Jerman, memasukkan Manuel Neuer ke skuat Piala Dunia 2018 menuai perdebatan. Apalagi Neuer tetap menjadi kapten dan penjaga gawang pilihan pertama.

Bagaimana tidak, sepanjang musim 2017/18 Neuer absen merumput karena cedera parah. Neuer tidak bermain sejak September 2017, selama sembilan bulan.

Di sisi lain, Marc-Andre ter Stegen tampil impresif bersama Barcelona dan selama Neuer absen membela tim nasional.

Namun demikian, Manuel Neuer pulih di waktu yang tepat. Dia kembali bugar jelang Piala Dunia 2018 bergulir. Neuer kembali beraksi di lapangan hijau saat pertandingan uji coba melawan tim nasional Austria, Minggu (3/6) lalu.

Meski gawangnya kebobolan dua kali, performa Neuer memuaskan Loew.

"Kalian tidak bisa bilang dia absen begitu lama. Penampilan kembalinya sungguh bagus. Dia bermain sangat baik dan membuat dua sampai tiga penyelamatan brilian. Sangat memuaskan," ujar Loew dikutip Bundesliga.com.

Apa yang Loew lakukan, menunjuk Neuer sebagai penjaga gawang pertama, tentu membahagiakan Neuer. Namun demikian, di sisi lain keputusan ini membuat kecewa Marc-Andre ter Stegen. Dia jadi lengser sebagai deputi pertama Neuer.

"Saya akan berusaha membantu Manuel. Ketika Anda bermain penuh di sepanjang musim dan selalu menjaga level permainan tertinggi, tentu ini situasi yang mengecewakan," ungkap ter Stegen dikutip oleh Marca.

Manuel Neuer memang hanya bermain selama 360 menit untuk Bayern Muenchen pada musim lalu. Namun demikian, berjudi pada Neuer bukan kesalahan.

Pria 32 tahun itu termasuk penjaga gawang terbaik di dunia. Dia penjaga gawang terbaik di generasinya. Hampir selama sedekade Neuer tetap jadi pilihan nomor satu di bawah mistar gawang Die Mannschaft. Penjaga gawang sekelas Marc-Andre ter Stegen saja belum bisa menggeser Neuer.

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Toni Bramantoro
Halaman
12
Berita Terkait

Timnas Jerman

Ikuti kami di
KOMENTAR

Berita Terkini

Berita Populer