Piala Dunia 2022

Minimalisir Kontroversi, Piala Dunia 2022 Bakal Gunakan VAR dengan Versi Lebih Canggih

Ingin gelaran Piala Dunia 2022 berjalan seadil mungkin, FIFA bakal menggunakan teknologi anyar yang mendukung kinerja Video Assistant Referee (VAR).

Penulis: deivor ismanto
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
FIFA
Ingin gelaran Piala Dunia 2022 berjalan seadil mungkin, FIFA bakal menggunakan teknologi anyar yang mendukung kinerja Video Assistant Referee (VAR) - Maskot Piala Dunia 2022 Qatar 

TRIBUNNEWS.COM - Ingin gelaran Piala Dunia 2022 berjalan seadil mungkin, FIFA bakal menggunakan teknologi anyar yang mendukung kinerja Video Assistant Referee (VAR).

Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar yang akan bergulir lima hari lagi, menjadi ajang bagi FIFA untuk memamerkan teknologi baru mereka.

Dilansir laman resmi FIFA, sistem penditeksi offside yakni pelengkap Video Assistant Referee (VAR) yang bakal diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar akan mendapat sentuhan teknologi anyar.

Baca juga: Profil Salem Al-Dawsari, Winger Timnas Arab Saudi di Piala Dunia 2022, Pernah Main di Eropa

Logo Piala Dunia 2022 Qatar
Logo Piala Dunia 2022 Qatar (GABRIEL BOUYS/AFP)

Sistem tersebut adalah Semi-automated Offsides (Semi Auto Offside) yang mampu mendeteksi pergerakan bola dan pemain secara real time di Piala Dunia 2022 Qatar.

Tekonologi yang diluncurkan FIFA itu menggunakan 12 kamera yang ditempatkan di bawah atap stadion.

Kamera tersebut mampu melacak pergerakan setiap pemain hingga 29 titik data per pemain.

Pergerakan pemain diamati 50 kali per detik secara akurat guna menentukan posisi pemain di waktu tertentu.

Setelah data didapat dengan algoritma yang cangih, peringatan tentang potensi offside akan dikirim ke perangkat video assistant referee (VAR).

Kemudian, setelah mampu menditeksi pergerakan pemain dengan bola, jika pemain dianggap offside oleh VAR, sistem akan langsung mengabari wasit di lapangan dalam waktu beberapa detik.

Sistem baru tersebut diluncurkan untuk menyempurnakan VAR yang sejak peluncurannya di tahun 2018 masih mendapat rangkaian kritik.

Video Assistant Referee (VAR)
Video Assistant Referee (VAR) (Twitter/Sunsport)

Dengan sistem 3D yang dikembangkan, teknologi itu diharapkan mampu membantu wasit di lapangan untuk memimpin pertandingan seadil mungkin.

"Teknologi ini adalah puncak dari tiga tahun penelitian dan pengujian khusus untuk memberikan yang terbaik bagi tim," kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

"FIFA bangga dengan pekerjaan ini, karena kami menantikan dunia melihat manfaat dari teknologi offside semi-otomatis di Piala Dunia 2022."

"FIFA berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi demi meningkatkan permainan sepak bola di semua tingkatan dan penggunaan teknologi offside semi-otomatis di Piala Dunia 2022 adalah bukti yang paling jelas."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved