Breaking News:

Piala Dunia 2022

Ada Penonton Masuk Lapangan di Laga Portugal vs Uruguay Piala Dunia 2022, Bawa Bendera LGBT

Laga Portugal vs Uruguay diwarnai dengan adanya penyusup yang masuk ke lapangan dengan membawa bendera LGBT dan pesan sosial.

MANAN VATSYAYANA / AFP
Seorang pria menyerbu lapangan sambil memegang bendera LGBT saat ia mengenakan t-shirt bertuliskan "Hormati wanita Iran" selama pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia Qatar 2022 antara Portugal dan Uruguay di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 28 November 2022. MANAN VATSYAYANA / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Laga Portugal vs Uruguay diwarnai dengan adanya penyusup yang masuk ke lapangan dan membawa pesan sosial.

Laga di Grup H Piala Dunia antara Portugal vs Uruguay harus dihentikan sejenak di menit 50" setelah adanya suporter yang masuk lapangan.

Penyusup itu turun ke lapangan dengan membawa sebuah pesan sosial yang ia tuliskan di bajunya.

Pria itu membawa berlari masuk ke lapangan dengan kaos berwarna biru dan membawa sebuah bendera pelangi, bendera yang mengisyaratkan dukungan terhadap kelompok LGBT.

Pada kaos yang dikenakan, pada bagian depan tertulis sebuah pesan sosial untuk kedamaian rakyat Ukraina, yakni "Save Ukraina".

Baca juga: Wakil Asia Raih Hasil Antiklimaks di Matchday Kedua Piala Dunia 2022, Korsel Ikuti Jepang dan Saudi

Seorang pria yang mengenakan t-shirt
Seorang pria yang mengenakan t-shirt "Selamatkan Ukraina" diblokir oleh keamanan setelah dia melambaikan pelangi di lapangan selama pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2022 Qatar antara Portugal dan Uruguay di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha. Senin (28 November 2022). (Odd ANDERSEN/AFP) (AFP/ODD ANDERSEN)

Sementara di belakangnya, ada tulisan yang menunjukkan dukungan terhadap perempuan di Iran, 'Respect For Iran Women'

Wasit Iran Alireza Faghani berhasil merebut bendera pelangi sebelum seorang anggota staf di Stadion 974 menangkap dan membawa keluar pria itu.

Insiden penonton masuk lapangan ini adalah yang pertama kali terjadi selama perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar setelah selama ini diselimuti kontroversi tentang hak asasi manusia.

Baca juga: Sorotan Laga Brasil vs Swiss: Lampu Stadion Sempat Padam hingga Selebrasi Vinicius ala Neymar

Presiden FIFA Gianni Infantino sebelumnya mendapat kritik karena mengirim surat kepada asosiasi sepak bola bahwa mereka harus fokus pada sepak bola dan bukan pada masalah sosial di sekitarnya.

FIFA juga mendapat sorotan karena mengancam akan menghukum tim yang menggunakan simbol pelangi, yang merupakan salah satu solidaritas dengan komunitas LGBTQ+.

Ada beberapa negara yang akan memakai ban kapten pelangi 'OneLove', sebagai bagian dari kampanye, namun hal itu urung terjadi menyusul peringatan FIFA.

Laga Portugal vs Uruguay sendiri berkakhir untuk kemenangan Selecao das Quinas dengan skor 2-0.

Ronaldo Cs menang dan memastikan diri lolos ke babak selanjutnya, 16 besar, mengikuti Prancis dan Brasil.

Seorang pria (kanan) menyerbu lapangan sambil memegang bendera LGBT sambil mengenakan kaus bertuliskan
Seorang pria (kanan) menyerbu lapangan sambil memegang bendera LGBT sambil mengenakan kaus bertuliskan "Hormatilah wanita Iran" selama pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia Qatar 2022 antara Portugal dan Uruguay di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 28 November 2022. Kirill KUDRYAVTSEV / AFP (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

(Tribunnews.com/Tio)

BACA:

Berita Piala Dunia 2022 Qatar

Jadwal Lengkap Piala Dunia 2022

Daftar Wasit Piala Dunia 2022

Profil 8 Stadion Piala Dunia Qatar

Daftar Peserta dan Pembagian Grup Piala Dunia 2022

Sejarah Piala Dunia atau FIFA World Cup

Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved