Pilpres 2019

KPU Gunakan Situng untuk Publikasi Hasil Hitung Suara

Dia menjelaskan, hasil resmi penghitungan suara dari KPU RI adalah hasil resmi yang direkapitulasi secara berjenjang, secara manual melalui berita aca

KPU Gunakan Situng untuk Publikasi Hasil Hitung Suara
Glery Lazuardi/Tribunnews.com
Arief Budiman 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, menegaskan akan memanfaatkan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) untuk membantu menginformasikan hasil penghitungan di Pemilu 2019.

Namun, kata dia, Situng bukan merupakan hasil penghitungan suara resmi. Menurut dia, Situng hanya sebatas mengetahui informasi mengenai hasil penghitungan yang nantinya bertujuan untuk menjadi alat kontrol.

"Saya ingin ingatkan Situng itu hanya mempercepat proses informasi, membantu jadi alat kontrol, tetapi bukan hasil resmi yang ditetapkan KPU," kata Arief, Rabu (17/4/2019).

Dia menjelaskan, hasil resmi penghitungan suara dari KPU RI adalah hasil resmi yang direkapitulasi secara berjenjang, secara manual melalui berita acara.

"Hasil resmi menurut undang-undang paling lama 35 hari setelah pemungutan suara dilakukam KPU sudah harus mengumumkan," kata dia.

Baca: Didampingi Puan, Megawati Menuju Istana Bertemu Jokowi

Namun, kata dia, ke depan tidak menutup kemungkinan Situng dapat menjadi penghitungan suara resmi.

"Bisa, semua sangat mungkin. Tetapi, kita mempunyai kultur dan iklim sosial yang macam-macam yang masih perlu jadi pertimbangan kita termasik sarana dan prasarana kemudian akses listrik dan sebagainya yang masih perlu jadi pertimbangan kita," tambahnya.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved