Podcast

Simak Fakta Unik Sirkuit Mandalika, Punya Desain Motif Batik

Sirkuit Mandalika adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pembalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo berolahraga di depan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Rabu (16/3/2022). Sejumlah pembalap MotoGP telah tiba di Mandalika,. Lombok jelang perhelatan MotoGP Mandalika 2022. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Simak Tribunnews Podcast selengkapnya di Spotiify.

Sirkuit Mandalika adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB.

Sirkuit internasional ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan.

Peresmian sirkuit ini ini merupakan langkah awal Indonesia untuk memiliki posisi sejajar dengan negara lain dalam menyelenggarakan balap motor bergengsi dunia.

Pertandingan terdekat yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika sendiri adalah World Superbike Championship (WSBK) 2021 pada 19-21 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.

Sirkuit ini juga memiliki sejumlah fakta unik, salah satu yang menjadi sorotan adalah motif batik yang terdapat di lintasannya.

1. Menggunakan Produk Indonesia

Pembangunan Sirkuit Mandalika memiliki bangunan pit-stop non-permanent yang diproduksi 100 persen dengan produk asli Indonesia.

Bangunannya terdiri dari garasi di lantai dasar, tribun penonton dan VVIP di lantai dua, serta fasilitas pendukung lainnya di lantai tiga.

Pembangunannya sendiri dilakukan selama kurang lebih 1,5 bulan.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved