Ramadan 2017

Malas Penyakit Mental Berbahaya

Malas adalah penyakit mental yang sangat berbahaya sebab dapat menjerumuskan kita pada kegagalan dan penyesalan.

Editor: Y Gustaman
Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. 

Oleh: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Malas adalah penyakit mental yang sangat berbahaya sebab dapat menjerumuskan kita pada kegagalan dan penyesalan.

Sifat malas selalu menghantui setiap orang tanpa kenal waktu dan batasan usia. Ia seolah terus melekat dan mengganggu kualitas hidup kita, kendatipun kita menyadari bahwa banyak kesempatan menuju kesuksesan yang hilang hanya karena sifat yang satu ini.

Tak sedikit kondisi dan situasi kurang menguntungkan yang kita rasakan saat ini merupakan akibat dari rasa malas yang tak mampu kita halau.

Padahal, Allah Swt. telah memberikan penjelasan bahwa perubahan kondisi dalam hidup kita sangat ditentukan dengan tingkat keseriusan dan kerja keras yang kita lakukan. Allah Swt. tidak akan pernah mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu berusaha untuk mengubahnya.

Keberhasilan tak akan pernah datang hanya dengan mengkhayal. Sunnatullah dalam kehidupan ini menegaskan bahwa tidak mungkin kita kenyang hanya dengan mengkhayal, tetapi rasa kenyang akan datang setelah kita makan, begitu pun juga kesulitan hanya akan dapat diatasi ketika kita melakukan usaha untuk mengatasinya.

Rezeki akan datang ketika kita berusaha untuk menjemputnya, dan tidak akan pernah datang hanya dengan bermimpi.

Pentingnya effort yang kita keluarkan dalam mencapai suatu tujuan yang kita harapkan adalah landasan penting dari kesungguhan kita dalam bertawakal kepada Allah Swt.

Bertawakal bukanlah berpasrah tanpa usaha, tawakkal ialah upaya yang diawali kebulatan tekad dan kesungguhan yang diiringi doa dan kerja keras.

Apabila kita cermati berbagai tuntunan syariat kemalasan ditegaskan sebagai suatu penyakit dan setiap muslim diperintahkan untuk mengatasinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved