Breaking News:

Ramadan 2018

Kisah Berdirinya Masjid Jami Al-Istiqomah Mirip Cerita Tangkuban Perahu

Meski konstruksi bangunan tak tampak istimewa, Masjid Al-Istiqomah di Jalan Raya Sawangan, Mampang, Depok, ini menyimpan banyak kisah.

TribunJakarta/Bima Putra
Masjid Al-Istiqomah di Jalan Raya Sawangan, Mampang, Depok 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Meski konstruksi bangunan tak tampak istimewa, Masjid Al-Istiqomah di Jalan Raya Sawangan, Mampang, Depok, ini menyimpan banyak kisah.

Salah satu masjid tertua di Kota Depok yang berdiri pada 1848 itu menjadi tempat umat Islam di Depok menjalankan salat berjemaah.

Suganda, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jami Al-Istiqomah, mengatakan proses berdirinya berawal saat Haji Djasim mewakafkan tanah seluas 1.020 meter.

Rinciannya, 400 meter diperuntukkan untuk bangunan masjid dan 620 meter untuk makam di belakang masjid.

Dikisahkan, Masjid Jami Al-Istiqomah dibangun hanya dalam waktu satu malam karena karomah yang dimiliki Haji Djasim.

"Konon cerita dari orangtua kami masjid ini berdiri dengan sendirinya, namun kata orangtua dulu keburu siang. Artinya pas terbit fajar, pembangunan terhenti. Jadi seperti cerita Tangkuban Perahu," kata Suganda ditemui di Pancoran Mas, Depok, Selasa (29/5/2018).

Selain dikenal sebagai sosok yang saleh, Haji Djasim diriwayatkan berasal dari Kudus, Jawa Tengah, dan masih memiliki silsilah dengan Wali Songo.

Selepas kesiangan, pembangunan masjid dilanjutkan oleh warga yang tinggal di sekitar masjid dan kini termasuk wilayah Kelurahan Mampang.

Dengan bergotong royong, warga mengumpulkan dana dan tenaga untuk meneruskan pembangunan masjid yang terhenti.

Suganda menjelaskan, Warga yang berprofesi sebagai petani dan pedagang menyisihkan keuntungan hasil panen dan dagangannya untuk pembangunan Masjid.

Baca: Kisah Kesaktian Tongkat yang Dipakai Khatib Menyebar, Pengelola Masjid di Tebet Larang Lakukan Ini

Halaman
12

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Ust. Zul Ashfi, S.S.I, Lc

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved