Breaking News:

Ramadan 2019

Disebut Bulan Suci, Ternyata Ada Nama Lain untuk Ramadan, Apa Saja?

Ramadan, bulan suci penuh Rahmat Allah SWT membuat muslim dan muslimah berlomba-lomba menggapai MaghfirahNYA demi mencapai keridhoaan Allah SWT.

SRIPOKU.COM/dokumen
Ilustrasi Doa serta Sholat Tahajud 

 TRIBUNNEWS.COM - Ramadan, bulan suci penuh Rahmat Allah SWT membuat muslim dan muslimah berlomba-lomba menggapai MaghfirahNYA demi mencapai keridhoaan Allah SWT.

Ramadan disebut juga sebagai Bulan Ujian (syahr al-tamhish), yaitu memurnikan sesuatu dari cela. Seperti dalam firman Allah, “Agar Allah menyucikan apa yang ada dalam hati kamu.”

Salah satu keutamaan yang dijadikan di bulan Ramadan adalah keistimewaan spiritual dan amal, yang menggambarkan kebaikan, kemuliaan, dan derajat nan tinggi di sisi Allah bagi orang-orang yang beramal di bulan Ramadan.

Ternyata, ada berbagai sebutan untuk bulan suci ini, apa saja?

Berikut nama lain bulan Ramadan yang disarikan dari
Gana Islamika dengan judul Mengenal Nama-Nama Lain Bulan Ramadan

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) bersama Perwakilan MUI KH Abdullah Jaidi (kanan), dan Ketua Komisi VII DPR RI Ali Taher (kiri) usai menyampaikan keputusan sidang Isbat 1440 Hijriah di Jakarta, Minggu (5/5/2019). Pemerintah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) bersama Perwakilan MUI KH Abdullah Jaidi (kanan), dan Ketua Komisi VII DPR RI Ali Taher (kiri) usai menyampaikan keputusan sidang Isbat 1440 Hijriah di Jakarta, Minggu (5/5/2019). Pemerintah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Bulan Penyucian

Disebut demikian karena penyucian jiwa yang dilakukan manusia, seperti pembersihan roh, pikiran, hati, aktivitas di bulan ini.

Karenanya, manusia akan terbebas dari semua beban kotoran maksiat dan penyimpangan.
Kesucian memainkan peran besar dalam pandangan Islam. Islam menghendaki agar bulan Ramadan digunakan sebagai langkah awal untuk meraih kesucian dalam kehidupan yang tercantum dalam rencana Islam pada tingkat syariat dan aplikasinya.

Baca: Hari Ini Puasa Pertama, Yuk Dibaca Lagi Doa 10 Hari Pertama Ramadhan 1440 H/2019

Ilustrasi Doa 1 muharram
Ilustrasi Doa 1 muharram (ZeeNews.India.com)

Bulan Ujian
Bulan Ujian (syahr al-tamhish), yaitu memurnikan sesuatu dari cela, seperti firman Allah, “Agar Allah menyucikan apa yang ada dalam hati kamu,” (QS. Ali Imran 3: 154).

Mungkin, yang dimaksud tamhish adalah penyucian dan tazkiyah. Atau, bisa juga ujian.

Halaman
123
Penulis: Anita K Wardhani

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved