Ramadan 2019

Jangan Berdebat Perbedaan Jumlah Rakaat Shalat Tarawih, Semua Benar Dan Ada Dalilnya

Mereka kemudian melanjutkan salat witir sebanyak tiga rakaat di tempat lain yang memang sudah disediakan oleh pengurus masjid

Jangan Berdebat Perbedaan Jumlah Rakaat Shalat Tarawih, Semua Benar Dan Ada Dalilnya
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
TARAWIH PERTAMA - Umat muslim menunaikan ibadah shalat Tarawih pertama di Masjid Nasional Al Akbar, Minggu (5/5). Pemerintah menetapkan satu Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin (6/5). SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah selesai delapan rakaat salat tarawih, beberapa jamaah ada yang meninggalkan tempat salat.

Mereka kemudian melanjutkan salat witir sebanyak tiga rakaat di tempat lain yang memang sudah disediakan oleh pengurus masjid bersama beberapa jamaah lain.

Sementara sisanya tetap melanjutkan salat tarawih sampai selesai dua puluh rakaat yang kemudian dilanjutkan dengan tiga rakaat salat witir.

Situasi seperti inilah yang terjadi di masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga di beberapa masjid lainnya.

BACA JUGA: https://ganaislamika.com/´╗┐tips-memilih-hidangan-ketika-berbuka/

Memang terjadi perselisihan dan beberapa pendapat terkait rakaat salat tarawih, salat tahunan yang didirikan ketika malam hari bulan Ramadan.

Sebagian ada yang berpendapat delapan rakaat, dua puluh, dan bahkan ada juga yang mendirikan salat ini dengan tiga puluh enam rakaat.

Beberapa masjid mungkin secara khusus dari tahun ke tahun mendirikan salat tarawih dua puluh rakaat, atau delapan rakaat atau lebih.

Tetapi tidak dengan yang berlangsung di masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, di sini secara sekaligus, baik yang ikut pemahaman delapan atau dua puluh, sama-sama melaksanakan salat tarawih dengan imam yang sama dalam satu atap.

Jumhur ulama mengatakan bahwa jumlah rakaat salat tarawih dari Nabi Muhammad Saw tidak memiliki batasan yang pasti.

Halaman
12
Editor: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved