Ramadan 2019

Mutiara Ramadan: Kebiasaan Membentuk Karakter

Tindakan yang berakar pada kebiasaan tak perlu lagi dipikirkan dan dipersiapkan matang-matang karena akan berlangsung hampir secara otomatis.

Mutiara Ramadan: Kebiasaan Membentuk Karakter
ist
Ilustrasi mengetik surat

Prof Dr Komaruddin Hidayat

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah

DISADARI atau tidak, dalam kehidupan ini banyak sekali ungkapan dan perilaku selalu diulang-ulang yang pada urutannya menimbulkan pola permanen berupa kebiasaan dan selanjutnya kebiasaan akan membentuk karakter seseorang.

Contoh paling mudah diamati tentu saja dalam hal berbahasa.

Tindakan yang berakar pada kebiasaan tak perlu lagi dipikirkan dan dipersiapkan matang-matang karena akan berlangsung hampir secara otomatis layaknya sebuah mesin.

Kita semua pasti punya pengalaman bagaimana sebuah proses kebiasaan terbentuk sekalipun dijalani tanpa disadari atau dipersiapkan.

Misalnya saja pengalaman mengendarai mobil.

Pada awalnya terasa begitu sulit, tegang, dan takut menabrak atau ditabrak.

Tetapi lama-lama setelah dicoba dan dijalani berulangkali, akan terbiasa dan kita bisa mengendarai mobil secara rileks bahkan menyenangkan.

Satu aspek dalam pendidikan sesungguhnya adalah bagaimana membantu anak didik agar membangun kebiasaan yang benar dan baik agar pada urutannya terbentuk karakter dan pribadi yang baik serta terbiasa berpikir benar dan logis.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved