Ramadan 2019

Itikaf Dimana Malam Ini? 5 Mesjid di Jakarta Ini Bisa Jadi Pilihan Mengejar Berkah Lailatul Qadar

Belum punya renfrensi masjid untuk beritikaf? Berikut rekomenadasi 5 masjid di Jakarta yang bisa anda jadikan pilihan:

Itikaf Dimana Malam Ini? 5 Mesjid di Jakarta Ini Bisa Jadi Pilihan Mengejar Berkah Lailatul Qadar
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
QIYAMUL LAIL - Umat muslim amaah mengikuti salat tahajud, hajat dan tasbih saat melakukan itikaf atau berdiam diri di dalam masjid pada malam ganjil hari ke-21 Ramadan di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (6/6) dini hari. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Malam Lailatul Qadar, adalah malam yang diburu oleh umat islam di akhir bulan ramadan.

Karena amal yang dilaksanakan pada malam itu memiliki nilai lebih dibandingkan amal-amal yang dilakukan di malam-malam lainnya.

Salah satu cara umat Muslim untuk memperoleh Lailatul Qadar salah satunya dengan melakukan Itikaf pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

Arti dari itikaf ialah berhenti (diam) di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu, semata-mata niat beribadah kepada Allah.

Baca: Mengejar Berkah Malam Lailatul Qadar, Kapankah? Ini Analisa Syekh Abdul Qadir Al-Jilani

Faktor pendukung ibadah itikaf juga perlu diperhatikan.

Mulai dari kesiapan diri dan fasilitas pendukung yang disediakan oleh pihak masjid yang menjadi tempat dilakukannya itikaf.

Umat Islam melakukan itikaf di Masjid Habiburrahman PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (6/6/2018) dinihari. Ribuan umat Islam dari berbagai daerah mengikuti itikaf di masjid ini hingga sepuluh hari ke depan dengan aktivitas diantaranya membaca dan belajar tafsir Alquran, mengikuti kajian, dan salat qiyamullail berjamaah. Sebagian besar jemaah yang beritikaf membawa anggota keluarganya dan mendirikan tenda di sekitar mesjid. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Umat Islam melakukan itikaf di Masjid Habiburrahman PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (6/6/2018) dinihari. Ribuan umat Islam dari berbagai daerah mengikuti itikaf di masjid ini hingga sepuluh hari ke depan dengan aktivitas diantaranya membaca dan belajar tafsir Alquran, mengikuti kajian, dan salat qiyamullail berjamaah. Sebagian besar jemaah yang beritikaf membawa anggota keluarganya dan mendirikan tenda di sekitar mesjid. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Belum punya renfrensi masjid untuk beritikaf?

Berikut rekomenadasi 5 masjid di Jakarta yang bisa anda jadikan pilihan:

Masjid Istiqlal yang terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat
Masjid Istiqlal yang terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat (Tribunnews.com/Fitri Wulandari)

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal berlokasi di daerah Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Halaman
1234

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Ust. Zul Ashfi, S.S.I, Lc

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved