Ramadan 2019

Siapa Ruh Yang Disebut Dalam Surat Al-Qadr Yang Menjelaskan Tentang Malam Laylatul Qodar?

Pertama, Ibnu Arabi mengaitkan makna Ruh dalam surat Al-Qadr dengan Ruh yang disebut dalam Surat Al-Isra: 85 – qulir Ruuhu min amri Rabbiy.

Siapa Ruh Yang Disebut Dalam Surat Al-Qadr Yang Menjelaskan Tentang Malam Laylatul Qodar?
Tribun Jabar
Lailatul Qodar, malam paling istimewa di bulan Ramadan 

TRIBUNNEWS.COM - Orang sering bertanya tentang apa itu ruh yang dimaksud dalam surat Al-Qadr? Ada banyak pendapat dan tafsir tentang ruh. Mari sekarang kita simak apa pendapat Ibnu Arabi tentang ruh yang dimaksud.

Pertama, Ibnu Arabi mengaitkan makna Ruh dalam surat Al-Qadr dengan Ruh yang disebut dalam Surat Al-Isra: 85 – qulir Ruuhu min amri Rabbiy.

Tapi bukan dalam makna bahwa kita tak bisa tahu tentang Ruh itu. Kata amr di situ bukan bermakna “urusan” sepert yang umum dipahami, melainkan “arahan”.

Yakni, bahwa Ruh itu diarahkan Allah dengan sunatullaah yang mengatur alam amr (alam ruhani) itu. Sebagaimana ada juga sunnatullah yang mengatur alam khalq(alam thabii/syahadah).

Nah, menurut Ibnu Arabi lebih jauh, Ruh itu disebut dengan Ruhul amri – sebagai berbeda dengan ruh mudhaf, yang ditiupkan Allah ke dalam diri manusia.

Ruh ini, di bagian lain Futuuhat disebut sebagai Imam para malaikat yang dikirim Allah bersama Ruh itu.

Selanjutnya, ayat 85 Al-Isra itu – lagi-lagi menurut Ibnu Arabi – tidak menyatakan bahwa kita tak bisa tahu tetang Ruh itu.

Bahwa di ayat itu disebutkan “yasaluunaka anir-Ruh“, bukan “yas aluunaka minar-Ruh“, bermakna bahwa yang ditanyakan itu bukan tetang Ruh itu sendiri, melainkan sesuatu yang berasal dari Ruh itu.

Nah, seperti terungkap dalam Surat Al-Ghafir ayat 15 (dan beberapa ayat lain), Ruh itu adalah pembawa ilmul ghayb (wahyu/ilham) – bukan ilmul muktasab – yang mencakup ilham, bisyarah, dan indzar.

“(Dialah) Yang Mahatinggi derajat-Nya, yang memiliki Arsy, yang menurunkan Ruh dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, agar memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan itu.”

Halaman
12

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Ust. Zul Ashfi, S.S.I, Lc

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved