Ramadan 2019

Hikmah Ramadan - Makna Rahman Dan Rahim Dalam Surat Al Fatihah

Belas kasih ini searah, orientasinya memberi secara mutlak, tanpa melihat sifat-sifat yang ada pada yang diberi.

Hikmah Ramadan - Makna Rahman Dan Rahim Dalam Surat Al Fatihah
Arab News
Uthman Taha sedang menulis Alquran 

TRIBUNNEWS.COM - Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Alquran. Pada saat yang sama, Al-Fatihah adalah pembuka kitab wujud, dan Allah menjadikannya kuncinya.

Disebut juga ibunya Alquran, karena ibu adalah lokus perwujudan. Dan Alquran selebihnya adalah wujud itu.

Sedang basmalah adalah pembuka/awal dari Al-Fatihah. Proses penciptaan, yang dibuka dengan Al-Fatihah, diawali dengan basmalah ini. Dengan nama “Allah” bermulalah penciptaan.

“Allah” adalah al-ism al-jaami (Nama Penggabung) seluruh nama Allah. Di dalamnya ada juga sifat-sifat keras (jalaliyah) Allah yang menakutkan, selain sifat-sifat jamaliyah-Nya yang indah dan memesona – utamanya adalah sifat kasih-sayang itu.

Demikianlah, dalam Alquran, Allah terkadang menampilkan sifat-sifatNya yang menakutkan ini.

Maka, terkait dengan ini, bismillah yang ada/mengawali setiap surat – kecuali dalam Surat Al-Tawbah, yang digantikan dengan penyebutan di tengah Surat An-Naml – adalah penawar terhadap penampilan keras Allah SWT itu.

Kenapa basmalah jadi penawar? Karena Allah sengaja mengeluarkan dan mendampingkan ism penggabungnya – yakni Allah, yang menyimpan sifat-sifat kerasnya itu – dengan mengeksplisitkan dua sifat rahmah – yang sesungguhnya sudah terkandung juga dalam ism Allah itu.

Yakni Ar-Rahman dan Ar-Rahim. Jadi, dalam hal ini, sifat Ar-Rahman dan Ar-Rahim – yang, sudah terkandung secara implisit dalam ism Allah dan sejatinya sudah ada dan menjadi penawar dari sifat-sifat Allah yang keras, yang juga ada dalam ism Allah itu – di-lahir-kan lagi secara eksplisit untuk menekankan dominasi sifat-sifat kasih sayang Allah atas sifat-sifat kerasnya itu.

Keberadaan basmalah di awal Al-Fatihah ini seolah menunjukkan bahwa “niat” Allah dalam penciptaan adalah tidak lain untuk mencurahkan kasih sayang-Nya kepada makhluk.

Sekarang, apa beda Ar-Rahman dan Ar-Rahim? Ar-Rahmanadalah kasih Allah secara umum, yang merupakan bagian dari paket penciptaan – yang bekerja, baik di dunia maupun di akhirat. Semua makhluknya mendapatkan sifat Rahman ini.

Halaman
12

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Ust. Zul Ashfi, S.S.I, Lc

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Editor: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved