Breaking News:

Ramadan 2021

Ingin Menu Buka Puasa Bergizi? Perbanyak Buah Tinggi Serat Seperti Kurma, Begini Trik Mengolahnya

Agar puasa kita lancar dan tetap sehat di bulan suci ini, tuk sajikan menu bergizi saat berbuka puasa. Apa saja menunya? Ikutu artikel ini.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pedagang sedang menata kurma yang berjualan di sekitar Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pandemi Covid-19 yang melanda Jakarta membuat lesu penjualan kurma, keuntungan pedagang menurun hingga 80 persen lebih padahal pada tahun sebelumnya menjelang Ramadhan biasanya ramai pembeli. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini umat muslim seluruh dunia menjalankan ibadah puasa Ramadan 2021. Nah, agar tubuh tetap sehat, menu yang disajikan saat berbuka puasa dan sahur jadi kuncinya.

Nah, tentunya ingin dong puasa kita lancar dan tetap sehat di bulan suci ini. Yuk sajikan menu bergizi saat berbuka puasa.

Apa saja yang harus disajikan di meja makan Anda saat buka puasa? 

Jus susu kurma
Jus susu kurma (facebook)

Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Pondok Indah dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK mengatakan konsumsi buah-buahan merupakan hal yang disarankan saat momen berbuka puasa.

Hal itu karena jenis makanan satu ini mengandung serat yang baik bagi tubuh.

"Pada saat berbuka puasa, sebaiknya utamakan mengkonsumsi buah-buahan dan pastikan asupan serat cukup," ujar dr Tirta, dalam keterangan resminya, Senin (12/4/2021).

Menurutnya, buah-buahan sangat baik untuk diolah menjadi menu berbuka puasa, termasuk buah kurma yang memiliki kandungan serat jenis tidak larut.

"Buah kurma sangat baik untuk menu berbuka puasa, begitu pula buah-buahan lainnya," kata dr Tirta.

Sebelum dikonsumsi, buah-buahan ini tidak perlu dilumatkan atau dihancurkan, karena mengkonsumsinya cukup hanya dipotong saja.

Agar tidak salah, simak tips memilih kurma manis berikut ini
Agar tidak salah, simak tips memilih kurma manis berikut ini (Freepik)
Halaman
12

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved